Terhambat Pengerukan, Ahok Akui Jakarta Belum Siap Hadapi Banjir

Foto udara banjir Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A
VIVAnews - Pemerintah provinsi DKI Jakarta mengaku belum siap mengantisipasi datangnya musibah banjir yang kerap melanda Ibu Kota di setiap musim hujan.
Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan, hingga saat ini Pemprov masih belum selesai melakukan pengerukan di sungai-sungai yang kerap kali meluap pada saat terjadi hujan deras.
Putusan MK Bersifat Final, Prof Niam: Kontestasi Telah Usai, Saatnya Bersatu

"Persiapan kita menghadapi musim hujan masih enggak sesuai target, karena banyak sekali sungai-sungai yang belum dipasangi sheet pile. Padahal, kali dan sungai enggak mungkin bisa dikeruk kalau belum dipasangi sheet pile," ujar Ahok, saapn akrab Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Jum'at, 24 Oktober 2014.
Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Sheetpile sendiri merupakan dinding vertikal relatif tipis yang berfungsi untuk menahan tanah dan untuk menahan masuknya air ke dalam lubang galian.

Ahok menuturkan, pemasangan sheetpile di tanah-tanah yang berada di pinggiran sungai perlu dilakukan mengingat sebagian besar kawasan bantaran sungai di seluruh Jakarta telah menjadi kawasan kumuh dan padat penduduk.

Hal ini dilakukan selain untuk mencegah memuncaknya aliran sungai pada saat turun hujan, juga agar pada saat dilakukan pengerukan, tidak terjadi longsor pada tanah yang di atasnya sudah dibangun rumah-rumah warga.

"Masalahnya sheetpile-nya itu, PU masih ngotot terus untuk melakukan pengadaannya melalui tender. Padahal kan saya sudah katakan pengadaannya dilakukan lewat e-catalog saja," ujar Ahok.

Melihat perbedaan pendapat itu, Ahok mencurigai adanya permainan dalam masalah pengadaan sheet pile yang dilakukan oleh Dinas PU itu. Pasalnya, bila dilakukan melalui mekanisme tender, kemungkinan terjadinya arus dana yang tidak bisa dikontrol oleh Pemprov DKI pun akan menjadi semakin besar.

"Mereka minta tender melulu karena mungkin ada komisinya," ucap Ahok.

Ahok menyayangkan kinerja lambat anak buahnya ini. Karena dengan belum diselesaikannya pengerukan sungai-sungai itu, musibah banjir dipastikan bisa kembali melanda Jakarta pada musim penghujan kali ini.

"Itu yang bikin urusan penanganan banjir kita jadi berat. Karena adanya keterlambatan itu. Biarin aja udah. Sekarang sungai-sungainya masih apa adanya dulu," ucap Ahok.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya