Wagub DKI: Rusunami Jangan Sampai Dibeli Investor

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA.co.id / Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, menghadiri peletakan batu pertama pembangunan rumah susun sederhana milik (Rusunami) di Cengkareng, Jakarta Barat, pada Rabu, 29 April 2015. Rusunami ini merupakan hasil kerja sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Perum Perumnas.

Rusunami Gunung Putri Square Dipatok Rp200 Juta per Unit

Rusunami itu dibangun di atas lahan milik Perumnas dengan luas 4,97 hektare yang nantinya akan didirikan lima blok dengan total 18 tower berisikan 5.400 unit.

“Rusunami ini diperuntukkan bagi mereka yang sebelumnya telah tinggal di rusunawa (rumah susun sederhana sewa) yang telah mandiri sehingga bisa naik kelas dan pindah ke rusunami,” kata Djarot.

Pembangunan Rusunami, Basuki Tekankan Aspek Keamanan

Senada dengan Gubernur DKI, Djarot mengimbau kepada Perumnas sebagai pihak pengelola untuk melakukan seleksi ketat terhadap orang-orang yang ingin membeli unit di rusunami.

“Jangan sampai ada yang beli malah investor, bukannya warga yang betul-betul ingin tinggal di sana,” ujarnya memperingatkan.

Apartemen Bagi Buruh Berpenghasilan Rendah Hadir di Bekasi

Ia menambahkan, pembangunan rusunami adalah tanggung jawab Perumnas. Sementara Pemprov bertanggung jawab dalam pembangunan rusunawa untuk warga menengah ke bawah.

“Tadi sudah dijelaskan Pak Jokowi, bahwa niat beliau adalah membangun sejuta rumah dan di sini. Perumnas yang bertanggung jawab membangun rusunami,” katanya menjelaskan.

Pemprov DKI akan terus melakukan usaha-usaha untuk menyediakan hunian yang layak bagi setiap warganya. Warga yang tinggal di lingkungan tak layak akan dapat menempati rusunawa.

”Rusunawa akan diisi oleh saudara kita yang membutuhkan, begitu konsepnya.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya