Ratusan Warga Bogor Lomba Pulung Sampah Ciliwung

Relawan & TNI Bersihkan Sampah Sungai Ciliwung
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, untuk memeriahkan Hari Jadi Bogor (HJB) ke 533. Bukan hanya, menghiasi payung di sekitar ruas jalan di sekitar Kota Bogor.

Kali Ciliwung Depok Heboh Lagi Temuan Mayat

Pemkot Bogor juga mengadakan lomba membersihkan air Sungai Ciliwung, bagi warga yang rumahnya dekat dengan sungai Ciliwung.

Pagi tadi ratusan masyarakat Kota Bogor dan komunitas Sungai Ciliwung membersihkan Ciliwung. Mereka mengambil sampah satu per satu yang ada di sungai tersebut, dan dimasukkan ke karung untuk di buang ke tempat sampah.

Siti Hajar, salah satu peserta, mengatakan, dirinya mengikuti mengambil sampah di sungai Ciliwung bukan hanya untuk menyambut HJB 533, melainkan sangat penting sekali untuk membersihkan sampah di sungai Ciliwung. Dikarenakan, satu sampah akan membahayakan warga yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung.

"Kami tidak merasa takut, untuk mengambil sampah-sampah di sungai Ciliwung ini," jelasnya.

Hal senada diungkapkan, Endang RT Kelurahan Baranangsiang, ia mengatakan, pihaknya mengerahkan warganya ini untuk memungut sampah di bantaran sungai Ciliwung demi keselamatan warga banyak.

"Setiap tahun, kami memungut sampah di sungai Ciliwung ini," tegas dia.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiharto mengapresiasi kegiatan lomba membersihkan Sungai Ciliwung yang diikuti warga Kota Bogor dan komunitas Peduli Ciliwung.

Menurut Bima, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran warga untuk sama-sama membersihkan sungai dan tidak membuang sampah ke sungai. Selain itu, tambah dia, kebersihan sungai menjadi salah satu indikator keberhasilan suatu kota.

"Kalau ingin menilai sebuah kota, lihat sungainya. Jika sungai di kota itu bersih, artinya masyarakat di kota itu saling pengertiannya tinggi," ujar Bima saat membuka kegiatan ini.

Ahok: Normalisasi Sungai Seiring Pembangunan Rusunawa
Sungai Ciliwung

Alokasi Terbesar Dana Banjir untuk Rehabilitasi Sungai

Hanya sungai di kawasan strategis.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016