Penyebab Matinya Ribuan Ikan di Ancol Versi Ahok

Ikan mati
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono
VIVA.co.id
Puluhan Ribu Ekor Ikan Keramba Barito Mati Mendadak
- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan peristiwa ditemukannya ribuan ikan mati bergelimpangan bukan hanya terjadi di Pantai Ancol, Jakarta Utara.

Ahok, sapaan akrab Basuki, mengatakan, di awal musim penghujan yang saat ini tengah berlangsung, peristiwa serupa juga terjadi di sungai buatan yang berada di tengah kompleks Epicentrum, Kuningan.

Ahok: Ikan yang Mati di Ancol Bisa Dimakan

"Kamu tahu kolam ikan yang di Epicentrum? Itu (sungai buatan) kan hanya kolam ikan yang dibikin terhubung sama sungai. Itu mati semua ikannya," ujar Ahok di hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 1 Desember 2015.

Ahok mengatakan peristiwa di Epicentrum semakin menegaskan fenomena kematian ikan tidak berhubungan dengan proyek reklamasi Teluk Jakarta.

Ahok: Kalau Tak Yakin dengan LIPI, Mau Percaya Siapa Lagi?

"Apa air laut (dari proyek reklamasi) bisa naik sampai ke Epicentrum? Jauh," ujar Ahok.

Ahok mengatakan, ikan-ikan mati karena terkena limbah yang menjadi mudah mencemari sungai akibat debit air meninggi di musim penghujan.

"Begitu ada penambahan volume air dari sungai, dia tercemar," ujar Ahok.

Sungai buatan di Epicentrum meski merupakan lingkungan terkendali, terhubung dengan Sungai Cideng.

Sebelumnya, Ahok telah menegaskan sanksi menanti perusahaan yang terbukti mencemari sungai. Ahok mengatakan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI harus melakukan penyelidikan terlebih dahulu tentang penyebab pasti kematian ikan.

"Sanksi terberat pabriknya ditutup," ujar Ahok di Balai Kota, Senin, 30 November 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya