15 Kali Beraksi, Pencuri Alat Komputer Eskavator Dibekuk

Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id - Sepak terjang Sohib Husen (37) sebagai pencuri terhenti setelah jajaran Polsek Metro Penjaringan Jakarta Utara menangkapnya beberapa hari lalu.

Sohib merupakan spesialis maling ECU (electronic control unit)/peralatan komputer dari alat berat eskavator.

"Dia sudah melakukan aksinya 15 kali. Sepuluh kali di wilayah se-Jakarta, lima kali di wilayah penjaringan ini," kata Kapolsek Metro Penjaringan Ajun Komisaris Besar Polisi Yuddi Setiawan, Kamis, 21 Januari 2016.

Menurutnya, penangkapan Sohib berdasarkan laporan dari petugas sekuriti yang bekerja pada malam kejadian, 14 Januari 2016.

"Petugas sekuriti yang saat itu sedang tugas melihat pelaku melarikan diri dengan mobil Xenia silver berpelat nomor B 1720 FKV. Kami lakukan pengejaran sampai daerah Cikarang sampai akhirnya kami amankan dalam tempo kurang dari 2 hari setelah kejadian," ujar Yuddi.

Jika ditaksir, sebuah ECU eskavator dapat dihargai sampai Rp110 juta. "Pelaku merupakan sindikat antar provinsi. Hasil curiannya biasanya dijual ke provinsi lain seperti Jawa Timur, Jawa Tengah," Yuddi menambahkan.

Dari tangan pelaku, jajaran Polsek Penjaringan mengamankan barang bukti berupa ratusan set kunci pas, palu, dan mobil yang digunakan untuk melarikan diri. (ase)



 

Lagi, Koper Penumpang Pesawat Dibobol
Ilustrasi

VIDEO: Pria Nekat Rampas Mobil di Siang Bolong

Namun, aksi itu gagal. Massa yang emosi pun menghajarnya.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016