Kapolres Bantah Tiga Anggota KPK Positif Narkoba

Kapolres Jakarta Utara, Kombes Pol Daniel Bolly Tifaona
Sumber :
  • ANTARA

VIVA.co.id - Kapolres Jakarta Utara, Komisaris Besar Polisi Daniel Bolly Tifaona membantah, dua dari tiga petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diamankan jajaran Polres Jakarta Utara dinyatakan positif menggunakan narkoba.

Sebelumnya beredar dokumen hasil tes urine milik tiga petugas KPK, dua di antaranya positif mengkonsumsi narkoba atau zat adiktif jenis Methampethamin. Kedua petugas KPK yang dinyatakan positif narkoba tersebut bernama Darman dan Waldy Gagantika.

"Tidak benar (positif narkoba), tidak ada penangkapan, hanya mengamankan dan tadi malam sudah kita lepas," ujarnya melalui sambungan telepon, Selasa, 23 Februari 2016.

Menurut Daniel, interogasi yang dilakukan polisi terhadap tiga anggota KPK itu yang dilakukan pascapengamanan hanya murni prosedur, karena berangkat dari kecurigaan polisi terkait gerak-gerik ketiga anggota KPK tersebut.

"Kita memeriksa karena memang benar ada kecurigaan awalnya, ancaman teroris masih ada, kita curiga karena sudah tiga hari mobil tersebut mengitari Samsat dan Harco," ujar mantan Kapolres Bekasi Kota ini.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Sekedar informasi, sebelumnya polisi tiga orang anggota KPK yang bernama Darman, Bagoes Purnomo, dan Waldy Gagantika pada Senin, 22 Februari 2016. Mereka ditangkap di parkiran Alfamart areal Harco Mangga Dua, Jakarta Utara saat sedang berada di dalam mobil Innova warna abu-abu Nopol B-1968-ZF.

Secara terpisah, Pelaksana harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati membenarkan tiga orang yang diamankan polisi memang anggota KPK. Mereka diamankan saat sedang melakukan tugas di sekitar Harco, Mangga Dua, Jakarta Utara.

"Saya konfirmasi adalah benar tiga orang tersebut adalahh anggota KPK yang sedang melakukan kegiatan tertutup, tiga anggota KPK memang melakukan kegiatan di sekitar daerah itu," tutur Yuyuk.

Kendati demikian, Yuyuk tidak menjelaskan lebih lanjut kegiatan yang dimaksud. "Tidak bisa diungkapkan ke publik."

Hasil tes urine petugas KPK

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Hasil tes urine petugas KPK

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024