Polwan Bergaya Kartini, Pemohon SIM Grogi

Ilustrasi membuat SIM.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Memperingati hari Kartini, sejumlah polisi wanita di Polresta Depok mengubah penampilan mereka ala Kartini. Lengkap dengan kebaya, sanggul konde dan kain batik khas Jawa, membuat penampilan mereka jauh berbeda.

Septi Peni, Ibu Rumah Tangga yang Dijuluki Kartini Masa Kini

Pemandangan ini terlihat di area pembuatan surat izin mengemudi (SIM), Polresta Depok, Kamis 21 April 2016. Beberapa pemohon SIM bahkan tak sanggup menutupi kecanggungannya ketika berhadapan langsung dengan polwan cantik tersebut.

"Ini merupakan agenda rutin yang selalu kami lakukan setiap peringatan hari Kartini. Tujuannya, selain bisa lebih dekat dengan masyarakat juga ikut melestarikan kebudayaan bangsa. Kebaya kan salah satu warisan budaya kita," kata Kasat Lantas Polresta Depok, Komisaris Sutomo.

PDIP: Megawati dan Kartini Sama-sama Tahan Mental

Ia menilai, sosok para polwan dan wanita lainnya yang berjuang untuk keluarga, menjaga dan mendidik anak dirumah adalah sosok-sosok Kartini masa kini.

"Setiap wanita adalah Kartini bagi dirinya. Salah satunya adalah polwan-polwan di sini. Makna sebenarnya adalah bagaimana kita bisa menghormati dan menghargai wanita," tutupnya.

Ketua DPR Dorong Partisipasi Perempuan di Parlemen

Hal itu dirasakan betul oleh Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi (Kanit Regident), Satlantas Polresta Depok, AKP Leny. Selain bertugas sebagai anggota Polri, Leny memiliki tanggung jawab yang tak kalah penting, yakni berperan bagi seorang ibu.

"Semua kita lakukan dengan hati. Baik saat bertugas maupun saat bersama keluarga," ungkapnya.

Sementara itu Angga, salah satu pemohon SIM mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini. "Sempat malu dan bingung juga, berhadapan sama polisi yang cantik-cantik. Bagus deh, kalau begini kan jadi enggak takut bikin SIM," tuturnya sambil tertawa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya