Tiga Hari ke Depan, Hujan Lebat Masih Mengguyur Jakarta

Tim penanggulangan bencana bersiap mengevakuasi warga korban banjir di Bekasi, 21/4/2016.
Sumber :
  • Arinto

VIVA.co.id – Hujan deras yang turun hampir merata di seluruh Jabodetabek sejak Rabu, 20 April 2016, dan Kamis, 21 April 2016, telah menyebabkan banjir di beberapa tempat.

Waspada, Kabupaten Sumba Timur Diprediksi Alami 60 Hari Tanpa Hujan

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNB), yang mengutip BMKG, diperkirakan hingga tiga hari ke depan hujan lebat masih berpotensi terjadi di Banten, Jakarta, dan Jawa Barat.

"Curah hujan ektrem di Jabodetabek disebabkan oleh adanya daerah pertemuan dan belokan angin di sekitar Jawa bagian Selatan, yang menyebabkan tumbuhnya awan-awan konvektif  dan hujan disertai petir," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, melaui rilis yang diterima VIVA.co.id, Kamis, 21 April 2016.

Gempa 6,9 Skala Richter Mengguncang Banten, Ini Akibatnya

Sutopo mengatakan, mengutip data BMKG, curah hujan tahun 2016 cenderung lebih lama dibandingkan dengan normalnya. Diperkirakan curah hujan ektrem masih berpotensi hingga Mei 2016, yang kemudian memasuki masa kering pada Juni 2016 di sebagian besar wilayah barat Indonesia.

Berdasarkan data BMKG, curah hujan yang terjadi selama dua hari di Depok tercatat 202 mm per hari dan intensitas hujan di Pasar Minggu 166 mm per hari. Ini termasuk curah hujan ekstrem atau sangat deras.

Gempa Bumi Magnitudo 7,1 Guncang Ternate, Berpotensi Tsunami

Menurut Sutopo, hujan lebat berpotensi terjadi di Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Kalteng, Kalbar, Maluku, dan Papua.

(mus)

Kondisi kabut asap terlihat jelas kualitas udara dan jarak pandang terbatas. (Foto: Rochman/TIMES Indonesia)

Minggu, Udara di Palembang Masuk Level Bahaya

Sore hari dihimbau warga tak keluar rumah

img_title
VIVA.co.id
22 September 2019