Ratusan Ribu Kendaraan Bakal Eksodus dari Jakarta Rabu Malam

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Ratusan ribu kendaraan diprediksi berbondong-bondong keluar dari Jakarta saat libur panjang pada tanggal 5-8 Mei 2016. Ini yang membuat aparat berwenang harus putar otak untuk antisipasi kemacetan panjang di semua jalan yang menuju luar Ibu Kota.

Pertamina Siagakan SPBU Mobile di Rest Area Tol Cipali

"Sebanyak 127 ribu kendaraan diperkirakan ke luar Jakarta termasuk ke luar Jawa sampai ke Cikampek dan Jagorawi. Itu perkiraannya," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono, kepada wartawan di Markas Polda Metro Jaya, Selasa 3 Mei 2016.

Menurut Awi, puncak arus libur panjang terjadi pada Rabu malam esok, 4 Mei 2016.

Integrasi Tol Jakarta-Cipali, Seberapa Efektif?

"Yang jelas, ini kan libur panjang, Rabu malam tanggal 4 diperkirakan puncak arus liburan, maka dari itu kami sudah siapkan pengamanan sejak tanggal 4 malam," kata dia.

Sedangkan untuk arus balik, Awi memperkirakan puncaknya terjadi pada tanggal 8 Mei 2016 sore hari. "Sama lah tanggal 8 kita waspadai, mulai pukul 18.00 hingga pukul 22.00 WIB," lanjut dia.

Pengerjaan Tol Pejagan-Pemalang Dikebut

Selain mengamankan dan mengantisipasi kemacetan di ruas jalan tol keluar Jakarta, Awi menuturkan, pihaknya juga akan mengamankan tempat ibadah dan tempat rekreasi di Ibu Kota.

"Tadi sudah kita rapatkan tentunya di Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral sudah kita siapkan di sana pengamanan, termasuk yang selama libur panjang ini ada tiga tempat yg jadi favorit mulai Ragunan, TMII, Ancol tentunya sudah diantisipasi sudah termasuk yang 6 ribu personil tadi," kata Awi.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya