Arus Kendaraan Bandara Soetta Menuju Kalideres Dialihkan

Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta,Tangerang
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVA.co.id – Pengaturan arus lalu lintas dari arah bandar udara (Bandara) Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang menuju Kalideres, Jakarta Barat, mengalami perubahan. Pantauan VIVA.co.id, Sabtu, 21 Mei 2016, para pengguna kendaraan dari bandara yang hendak menuju Kalideres, kini tak bisa lagi melalui Jalan Husein Sastranegara. 

Arus Mudik 2024, AP II Catat 1,3 Juta Penumpang Lintasi Bandara Soetta

Itu lantaran akses ke Jalan Husein Sastranegara dari arah Bandara Soetta ditutup. Akibatnya, untuk menuju Kalideres, pengguna kendaraan mesti memutar melalui Jalan Perimeter Selatan yang lebih jauh. 

Penutupan jalan tersebut karena kerap terjadi kemacetan yang luar biasa, terutama pada pagi hari di sana. Sebab, jalan tersebut banyak dilalui truk kontainer untuk menuju ke arah Dadap. 

AirNav Sebut Puncak Arus Mudik di Bandara Soetta Sabtu, Sehari 1.258 Penerbangan

Tak hanya perubahan arus jalan. Perubahan lain juga tampak di bandara tersebut. Di antaranya lokasi patung Proklamator Soekarno-Hatta yang telah dipindah. Patung yang selama ini menjadi ikon Bandara Soekarno-Hatta itu biasanya bisa ditemui pengunjung ketika memasuki gerbang bandara. Kini, patung itu telah dipindah ke bundaran bandara dekat Terminal Tiga Bandara Soetta dan pergudangan. 

Sementara prasasti bandara Soekarno-Hatta yang ditandatangani Presiden Soeharto, saat ini berada di depan gerbang masuk bandara tersebut. Prasasti itu semula berada di bundaran tersebut.

Viral Penumpang Pesawat Lion Air Jakarta-Makassar Ricuh Lantaran Delay Selama 9 Jam Lebih

Seperti diketahui, patung Proklamator Soekarno-Hatta itu dirancang oleh pamatung Sunaryo dari ITB Bandung. Tinggi patung Soekarno mencapai 7,8 meter. Sedangkan patung Hatta sedikit lebih pendek dibandingkan patung Soekarno. Tinggi patung dari permukaan tanah mencapai 12,6 meter. Proses pemindahan patung dimulai 8 Januari 2016. Pemindahan itu terkait rencana induk pengembangan bandara tersebut.
 

Aktivitas penumpang pada puncak arus balik mudik 2024 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang

Puncak Arus Balik, 179 Ribu Penumpang Lintasi Bandara Soetta

Terjadi pergeseran pergerakan penumpang di Bandara Soetta setelah pemerintah menerapkan WFH bagi ASN.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024