Harga Sayuran Menggila, Tomat Capai Rp19 Ribu/Kg

ilustrasi pedagang pasar di Jakarta.
Sumber :
  • Rebecca Reifi Georgina - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kenaikan harga kebutuhan pokok rupanya sudah mulai terjadi sejak sepekan lalu. Di Pasar Jaya Kelapa Gading, Jakarta Utara, kenaikan tertinggi terjadi pada harga sayur mayur dan buah-buahan.

Harga Daging Ayam Naik, Mendag Lutfi: Jatim Harganya Terbaik

Siti, salah satu pedagang sayur mayur di pasar itu mengatakan, jenis sayur yang mengalami kenaikan, seperti, kentang, tomat, bawang merah dan bawang putih.

Saat ini harga bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan yang cukup signifikan, dari sebelumnya Rp25.000 menjadi Rp39.000 sampai Rp 44.000. Lalu satu kilogram kentang saat ini dihargai Rp13.000 dari harga sebelumnya Rp9.000.

Terdampak Corona, Harga Ayam Ras di Sumut Anjlok Rp10 Ribu Per Kg

Ia menjelaskan, umumnya harga sayur mayur seperti mentimun, kacang panjang dan kol, mengalami kenaikan hingga Rp5.000 dari harga sebelumnya.

"Tomat yang sekarang lagi gila-gilaan naiknya. Sekarang harga tomat Rp19.000 sebelumnya cuma Rp14.000 per kilogram. Gula sekarang juga lagi mahal, jadi Rp15.000," kata dia.

Tekan Arogansi Pedagang, Sandi Ancam Gelar Bazar Murah

Ia mengaku, beberapa pelanggan sempat protes dan mengeluh mengenai kenaikan harga tersebut. "Ada pelanggan yang protes. Tapi ya mau bagaimana lagi," kata Siti yang telah 12 tahun berjualan di pasar ini.

Namun, beberapa komoditas sembilan bahan pokok seperti, garam, minyak, jeruk nipis dan cabai merah atau rawit saat ini masih belum mengalami kenaikan harga.

Ilustrasi telur ayam

Sepekan Jelang Ramadhan, Harga Telur Ayam di Semarang Naik Jadi Rp 30.000 per Kg

Menurut pedagang eceran di Tembalang Kota Semarang, Toha, untuk telur ayam ras sudah dijual Rp 30 ribu per kilogram (kg) atau Rp 16 ribu jika dijual per setengah kilogram

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2023