Diguyur Hujan Semalaman, Pintu Air di Jakarta Siaga III

Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad

VIVA.co.id – Hujan deras yang mengguyur kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sejak semalam tadi, menimbulkan muka sungai di beberapa pintu air meningkat. Meski begitu, secara umum, semua pintu air masih dalam kondisi normal.

Pintu Pasar Air Siaga II, Warga Penjaringan-Cilincing Waspada Banjir

Berdasarkan catatan dari sistem Teknologi Pengembagan Sumber Daya Alam (Tisda) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), seluruh pintu air di kawasan Jakarta dalam kondisi aman.

Dari pemutakhiran data pukul 08.00 WIB, ada 3 dari 12 pintu air yang berstatus siaga III, yaitu Pintu Air Karet, Pos Krukut Hulu dan Pos Sunter Hulu.

Mayat Tanpa Identitas Ditemukan Mengambang di Pintu Air Manggarai

Di Pintu Air Karet status siaga III karena ketinggian air mencapai 480 sentimeter dan terus meningkat, dan cuaca di lokasi dalam keadaan gerimis. Normalnya, ketinggian air di pintu ini mencapai 450 sentimeter.

Di Pos Krukut Hulu, ketinggian normal adalah kurang dari 150 sentimeter. Pagi ini, ketinggian air sudah 150 sentimeter dan stabil sehingga status pintu ini juga siaga III.

Aneka Sampah Menggunung di Manggarai akibat Luapan Bendung Katulampa

Sedangkan di Pos Sunter Hulu, ketinggian sudah mencapai 140 sentimeter dan terus meningkat. Status pintu air ini juga siaga III karena gerimis masih turun dan ketinggian air sudah stabil.

Di Pintu Air Manggarai ketinggian air mencapai 725 sentimeter, ketinggian ini masih jauh dari ambang normal 750 sentimeter. Meski begitu, ketinggian air di pintu ini masih terus meningkat, dan cuaca pun gerimis.

Sama halnya dengan ketinggian air di Bendung Katulampa. Walaupun ketinggian air meningkat drastis sejak pukul 06.00 WIB tadi, tapi ketinggian masih dalam ambang batas aman karena masih 70 sentimeter. Ambang batas normal ketinggian air di Bendung Katulampa adalah 80 sentimeter. Saat ini, ketinggian air terus meningkat karena cuaca di lokasi masih hujan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya