Jumlah Pengunjung Melonjak, Monas Tambah Lahan Parkir

Monas saat libur Lebaran
Sumber :
  • Filzah Adini Lubis/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Monumen Nasional (Monas) merupakan ikon kota Jakarta dan menjadi salah satu tempat wisata favorit saat liburan, terutama saat Lebaran. Dan pada Lebaran kali ini, sejumlah masyarakat beramai-ramai memadati tempat wisata murah yang terletak di pusat kota tersebut.

Ada yang Aneh di Monumen Nasional Jakarta

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, tak hanya turis lokal yang memenuhi kawasan Monas, namun juga wisatawan mancanegara (wisman). Sementara untuk mengantisipasi kepadatan di kawasan tersebut, Kepala Kantor Pengelola Kawasan Monas, Sabdo Kurnianto mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan berbagai instansi terkait demi menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung.

"Kita tempatkan personil TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Pamdal Monas sendiri, dan berbagai unsur, seperti Damkar dan dari bidang kesehatan juga," kata dia di kawasan Monas, Jumat, 8 Juli 2016.

Monas Jadi Lokasi Balap Formula E, Ini Alasannya

Sebagai penunjang keselamatan pengunjung, pihaknya menyediakan mobil puskesmas kelililing. Selain itu, untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, mobil toilet umum juga diperbanyak.

"Persiapannya ya biasa, mobil toilet diperbanyak. Pokoknya kita maksimalkan pelayanan. Nanti Sabtu, Minggu, pasti akan tambah ramai, jadi kita tambahkan dua mobil untuk toilet umum," ujar Sabdo.

Kasus Sembako Maut, Polisi Periksa Pengelola Monas

Meski termasuk wisata murah, dia mengatakan, pihaknya tetap memberikan pelayanan maksimal kepada para pengunjung.

"Dalam rangka memberikan yang terbaik kepada pengunjung, kita sudah siapkan semuanya. Ini kan wisata paling murah, jadi semua orang mau ke Monas," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, meningkatnya jumlah pengunjung berkorelasi pada kebutuhan terhadap lahan parkir. Karena itu, pihaknya memberikan tambahan lahan parkir untuk 1.500 kendaraan bermotor.

"Ramai pengunjung butuh parkir tambahan. Kita sediakan juga parkir alternatif. Lapangan yang ada di sebelah barat Monas. Itu menampung kurang lebih 1.000 kendaraan mobil dan 500 sepeda motor," kata dia.

Adapun jumlah pengunjung pada hari pertama Lebaran mencapai 9.216 pengunjung yang naik ke tugu Monas, namun yang naik ke puncak dibatasi hanya 2.500 pengunjung. Sementara pada hari kedua Lebaran ada 16.874 pengunjung. Diperkirakan, jumlah pengunjung pada hari ini akan terus bertambah.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya