Pengunjung Membeludak, Ragunan Siapkan Personel Tambahan

Taman Margasatwa Ragunan (TMR) ramai pengunjung setiap libur Lebaran.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Taman Margasatwa Ragunan (TMR) telah menyiapkan pegawai tambahan di libur Lebaran tahun ini untuk mengantisipasi pengunjung yang membeludak. Diperkirakan sekitar 450-500 orang pegawai tambahan disiapkan pihak Ragunan.

Dua Harimau Sumatera di Ragunan Membaik, Segera Diswab Ulang

Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, menjelaskan, penambahan tersebut untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung di libur Lebaran tahun ini.

"Ya betul, itu untuk persiapan menghadapi lonjakan pengunjung wisata di Ragunan saja," kata Wahyudi di Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu 10 Juli 2016.

17 Ribu Pengunjung Penuhi Ragunan di Libur Hari Lahir Pancasila

Ia menambahkan, bukan hanya pegawai, namun pihaknya juga bekerjasama dengan pihak kepolisian dan rumah sakit untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

"Memang petugas tergabung dari beberapa unsur. Berkaitan dengan Kamtibmas menurunkan beberapa petugasnya, dari Lalintas, Reskrim, Brimob juga diterjunkan di sini. Dan juga dua ambulans untuk mencegah hal yang tidak diinginkan," ujar dia

Catat, Minggu 16 Mei 2021 Taman Margasatwa Ragunan Tutup

Selain aparat kepolisian, TMR juga menurunkan personel Tentara Nasional Indonesia untuk menciptakan rasa aman pengunjung yang berwisata di Ragunan.

"Bukan hanya aparat kepolisian, kami juga bekerja sama dengan TNI yang terdiri dari marinir, babinsa dan yang lainnya. Tujuan digabungkannya pihak keamanan tersebut untuk menciptakan rasa aman dalam berwisata," kata Wahyudi.

Saat ditanyai jumlah aparat kepolisian dan TNI yang dikerahkan, ia menjelaskan itu disesuaikan dengan kondisi keramaian wisata Ragunan.

"Kami tidak tahu secara pasti, hal ini disesuaikan dengan kondisi keramaian Ragunan sendiri. Yang jelas, Kapolda menurunkan jumlah lebih banyak. Makanya setiap jam Kapolda selalu memantau pengunjung untuk keperluan menerjunkan personel," katanya.

TMR sebelumnya memang menargetkan lebih dari 1 juta pengunjung pada libur Lebaran tahun ini. Target itu diharapkan dapat tercapai karena melihat tahun 2015 lalu, di mana hampir satu juta pengunjung memadati tempat wisata Ragunan.

"Catatan di tahun 2015, ini adalah catatan tertinggi di sepanjang Lebaran. Tercatat 983 ribu lebih, hampir satu juta (pengunjung) dalam kurun waktu 10 hari. Kami tentunya targetkan tahun ini lebih dari itu," ujar Wahyudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya