Ribuan Pendatang Baru Bakal Serbu Bekasi

Ilustrasi pendatang baru Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, Jawa Barat, Alexander Zulkarnaen, memprediksi bakal ada sembilan ribu pendatang baru yang menyerbu kota itu untuk mengadu nasib usai Lebaran tahun ini.

5 Negara Ini Rela Bayar Pendatang untuk Tinggal di Wilayahnya

Alexander mengatakan, prediksi Disdukcapil Kota Bekasi itu disimpulkan setelah melihat angka pendatang baru pada tahun sebelumnya, yang tercatat sekitar 103 ribu jiwa.

"Dari awal bulan Januari sampai dengan Desember 2015 lalu, kami data sampai seratus ribu lebih. Jadi kemungkinan untuk tahun ini, perkiraan sekitar 8.000-9.000 jiwa pendatang masuk ke Kota Bekasi," kata Alexander, Selasa, 12 Juli 2016.

Intip Potret Liu Haocun, Putri Semata Wayang Jackie Chan di Film Ride On

Alexander mengaku tidak mempermasalahkan bertambahnya penduduk di Kota Bekasi. Tapi dengan syarat, mereka yang datang ke Kota Bekasi tidak hanya bermodal nekat saja.

Setidaknya, kata Alexander, pendatang harus memiliki keahlian, karya dan kemauan untuk bekerja di saat sudah sampai di Kota Bekasi. Bila perlu, membawa modal besar untuk berinvestasi dan berniaga.

Zia, Solois Pendatang Baru Bersyukur Dapat Lagu Karya Melly Goeslaw

"Yang jadi masalah kan ketika mereka datang tapi hanya menganggur dan tidak bekerja. Otomatis mengganggu angka dari kepadatan penduduk," ujar Alexander. (ase)

Warga tengah antre di Kantor Layanan Dukcapil Kota Tangerang

Usai Mudik Lebaran, Pendatang Baru di Tangerang Turun hingga 50 Persen

Pendatang baru diminta segera mengurus administrasi kependudukan.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024