Usai Lebaran, Volume Sampah di Kota Bekasi Meningkat

Ilustrasi sampah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hari Fauzan

VIVA.co.id – Kepala Dinas Kebersihan Kota Bekasi Abdillah mengatakan, jumlah sampah usai lebaran di Kota Bekasi mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa. Peningkatan itu mencapai sekitar 20 persen.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

"Sampah pascalebaran kemarin, tercatat meningkat sampai 20 persen atau mencapai 305 ton per hari dari hari biasanya yang mencapai 1.528 ton per hari atau 6.119 meter kubik," ujarnya.

Usai Lebaran, sampah rumah tangga di sejumlah tempat di Kota Bekasi sempat menumpuk. Hal itu lantaran petugas kebersihan tengah libur Lebaran.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Abdillah mengungkapkan, para petugas yang mengangkut sampah memang diberikan jatah libur Lebaran agar bisa berkumpul dengan keluarganya. "Sebagian ada yang sudah libur sejak hari Lebaran, sampai H+3 sesudah lebaran,” katanya.

Untuk itu, pihaknya menyiapkan petugas piket Lebaran. Namun, mereka pasti kewalahan untuk mengangkut sampah-sampah warga. "Mereka paling dapat mengangkut sampah sebagian saja seperti, di jalan protokol dan pasar," ujarnya.

Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun

Kini, para petugas telah kembali bekerja sejak kemarin. Sampah-sampah di rumah warga pun sudah mulai diangkut. "Mulai angkut sampah dari RT lain dulu, baru hari ini di RT kami," ujar Mardijah (54), warga Perumnas III Kota Bekasi, Rabu, 13 Juli 2016.

Warga menutup akses masuk ke TPA Burangkeng, Kabupaten Bekasi

Warga Blokir Akses Masuk TPA Burangkeng Bekasi

Rencananya hari ini akan dibahas bersama Pemerintah Daerah.

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2019