Bermodal Kaus Turn Back Crime, Kompol Gadungan Incar Wanita

Polisi gadungan bermodalkan ka
Sumber :
  • VIVA.co.id / Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Seorang pria di Depok, Jawa Barat, terpaksa berurusan dengan polisi lantaran nekat melakukan aksi penipuan dengan modus mengaku sebagai seorang anggota Polri berpangkat Komisaris Polisi. Pelaku kerap memperdaya sejumlah korbannya.

Jenderal Polisi Gadungan Ternyata Residivis Kasus Penggelapan Motor

Adalah Mariva Lumban Gaol, berusia 38 tahun yang terpaksa digelandang ke Mapolresta Depok. Aksinya terbongkar setelah warga yang curiga dengan gerak-geriknya melapor ke petugas Reskrim Polresta Depok. Dan benar saja, ketika diinterogasi, ternyata identitas kepolisiannya palsu.

Pelaku dibekuk di rumah kontrakannya di kawasan Kelapa Dua, dekat Kampus Gunadarma Depok. Setiap melancarkan aksinya, pelaku selalu mengenakan atribut layaknya seorang anggota Reskrim. Lengkap dengan kaus Turn Back Crime (TBC), lencana Polri, HT, sepatu PDL, serta tas slempang, Mariva kerap mengaku-ngaku berpangkat Kompol dan merupakan Akpol lulusan 1999.

Modus Paksa Korban Nyabu, 6 Polisi Gadungan Diringkus di Banyuwangi

“Modus ini ia lakukan untuk mempermudah segala urusannya, termasuk diduga membawa wanita ke kontrakan dan melakukan aksi tipu menipu,” ujar Kaplresta Depok, Komisaris Besar Harry Kurniawan, Jumat, 15 Juli 2016.

Selain melakukan penipuan, pelaku juga diketahui kerap meminta jatah parkir di sekitar kampus tersebut. Karena atribut yang dikenakannya, sejumlah korbannya pun tak berdaya lantaran takut.

Kronologi Polisi Gadungan di Sidoarjo Melakukan Aksinya

“Ini akan terus kami dalami. Menurut pengakuan para saksi seperti itu. Dia menyalahgunakan atribut seperti kaos TBC. Yang bersangkutan langsung kami amankan sesaat setelah mendapat aduan keresahan dari warga,” kata Harry.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita sejumlah barang bukti seperti, dua kartu atm BRI, tiga kartu kredit BCA, empat kartu commuter line, atribut kepolisian, HT dan charger, uang senilai Rp584 ribu, sepasang sepatu PDL, tas pinggang serta kaus reskrim dengan tulisan Turn Back Crime. Kasusnya kini dalam pengembangan Polres Kota Depok. (ase)

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan

Jenderal Polisi Gadungan Tipu Korban Terkait Proyek Rest Area Tol

Modus jenderal polisi gadungan pangkat komjen bernama Yusuf Daiman mengincar proyek rest area di tol.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022