Ahok Ungkap Alasannya Heran Saat Bersaksi di Sidang Suap

Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Sunny Tanuwidjaja tak mengungkap keluhan perusahaan pengembang reklamasi terkait rencana Pemerintah Provinsi DKI menerapkan kewajiban memberikan kontribusi tambahan.

Pulau Reklamasi Disegel, Saham Agung Podomoro Sempat Goyang

Sunny, yang telah menjadi staf untuk Ahok, sapaan akrab Basuki, sejak dilantik menjadi Wakil Gubernur DKI, tak mengungkap setiap hal yang ia bahas dalam setiap pertemuan dengan perwakilan perusahaan pengembang, kepada Ahok.

"Sunny enggak berani ngomong sama saya," ujar Ahok di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Selasa, 26 Juli 2016.

KPK Lelang 12 Lukisan Rampasan Kasus Reklamasi

Ahok mengatakan, setiap perwakilan perusahaan pengembang yang bertemu dengannya tak pernah mengeluhkan kewajiban yang merupakan kompensasi atas izin reklamasi yang mereka dapat.

Beberapa pimpinan pengembang bahkan menyatakan sepakat membangun sejumlah infrastruktur yang merupakan kontribusi tambahan sebagai syarat sebelum izin pelaksanaan reklamasi mereka dikeluarkan. Hal itu terjadi dalam pertemuan yang dilakukan Ahok saat masih menjadi Wakil Gubernur DKI dengan mereka di awal tahun 2014.

Bos Besar Penggarap Pulau G Diperiksa KPK

Ahok mengatakan, hal itu merupakan penyebab dirinya menyatakan keheranannya dalam persidangan kemarin karena mengetahui sejumlah perusahaan pengembang berusaha menyuap untuk menurunkan besaran kontribusi tambahan yang akan menjadi kewajiban mereka.

"Mereka (perusahaan pengembang) enggak pernah mengeluh di depan saya," ujar Ahok.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyegel bangunan di pulau hasil reklamasi beberapa waktu lalu.

KPK Tetap Usut Kasus Suap Reklamasi Jakarta

Meski izinnya sudah dihentikan oleh Gubernur Anies.

img_title
VIVA.co.id
28 September 2018