Mulai 30 Agustus, GT Senayan Hanya Layani e-Toll

Ilustrasi gerbang tol
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - PT Jasa Marga Tbk mulai 30 Agustus 2016 akan sepenuhnya memberlakukan pelayanan nontunai di gerbang tol (GT) Senayan, Jakarta. GT Senayan, yang terdiri dari tiga gardu, tidak akan melayani pembayaran secara tunai lagi dan hanya melayani transaksi pembayaran elektronik (e-toll).

Transaksi nontunai hanya dapat dilakukan menggunakan e-toll yang diterbitkan oleh Bank Mandiri untuk kendaraan kecil. Hal ini untuk mendukung program pemerintah dalam kegiatan gerakan nasional nontunai.

"Bagi pengguna jalan yang akan melakukan pembayaran dengan transaksi tunai dapat melalui GT Slipi 1 sebagai alternatif. Pengoperasian GTO skala penuh di GT Senayan dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan transaksi pembayaran tol, mempercepat transaksi, dan mengurangi antrean di gerbang, " kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, seperti dikutip dari siaran persnya di Jakarta, Kamis 11 Agustus 2016.

Jasa Marga melalui Cabang Cawang-Tomang Cengkareng telah melakukan sosialisasi penerapan GTO di GT Senayan kepada pengguna jalan melalui spanduk sejak 4 Agustus 2016 dan variable message sign sejak 11 Agustus 2016. Selain itu imbauan kepada pengguna jalan juga dilakukan melalui pengeras suara.

Berdasarkan data Jasa Marga, pada tahun 2016 sampai dengan bulan Juni, rata-rata kendaraan yang melintasi ruas jalan tol dalam kota dan Prof. Dr. Sedyatmo Jakarta-Tangerang sebanyak 802.371 kendaraan per hari. Sebanyak 260.720 kendaraan di antaranya menggunakan transaksi kartu pembayaran elektronik. Penetrasi penggunaan kartu pembayaran elektronik saat ini mencapai 32 persen.

Khusus untuk jalan tol dalam kota, transaksi kartu pembayaran elektronik untuk sementara baru dapat menerima kartu yang diterbitkan oleh Bank Mandiri. Transaksi di gerbang tol akan lebih cepat dan praktis dengan menggunakan e-toll sebagai alat pembayaran.

 

Kini, Kirim Uang Elektronik Indosat Bisa ke Seluruh Dunia
ilustrasi transaksi tol.

Hati-hati Transaksi Tol, Ada Mobil Pribadi Bayar Tarif Truk

Jasa Marga mengakui ada kesalahan transaksi.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016