Puluhan Bangunan Liar di Pemakaman Rawa Bunga Dibongkar

Aparat gabungan tertibkan bangunan liar di TPU Kober Kecil, Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Sebanyak 35 unit bangunan liar dan dua unit musala di Taman Pemakaman Umum (TPU) Kober Kecil, Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, dibongkar oleh aparat gabungan, Kamis 18 Agustus 2016. Puluhan bangunan tersebut dibongkar karena berdiri di atas lahan milik Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur.

Camat: Sunter Bakal Banjir Satu Meter Jika Bangunan Liar Dibiarkan

Lurah Rawa Bunga Agustina mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi sejak dua minggu lalu sebelum melakukan pembongkaran. Menurutnya, sejauh ini warga tak ada yang melakukan protes atas pembongkaran tersebut. "Protes enggak ada. Mereka juga paham kalau penertiban ini untuk perluasan (tanah) pemakaman," kata Agustina saat pembongkaran di lokasi, Kamis, 18 Agustus 2016.

Dalam pembongkaran ini, sebanyak 140 personel dikerahkan. Ratusan personel tersebut merupakan gabungan aparat dari Polsek Jatinegara, Koramil, Garnisun dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Bangunan Liar di Sunter Dirobohkan, Warga Mengais-ngais Barang

Meski tak ada protes warga, namun petugas mengalami beberapa kendala. Di antaranya, tak ada alat berat yang bisa masuk ke lokasi. Sebab, akses jalan ke lokasi itu sempit.

"Akses jalannya ya, sehingga alat berat tidak bisa masuk dan bangunan liarnya tersebar di area pemakaman yang luasnya sekitar dua hektare ini," ujarnya.

Bangunan Liar Dibongkar, Wali Kota Jakut: Sosialisasi Lebih 2 Bulan
Kondisi Jalan Agung Perkasa 8, Sunter, usai penggusuran.

Bertahan Hampir Sepekan, Warga Sunter Ini Digusur Dua Kali

Para penghuni akan direlokasi ke Rusun Marunda.

img_title
VIVA.co.id
20 November 2019