Longsor Pondok Labu Telan Korban Jiwa, Masjid Runtuh

Lokasi longsor pondok Labu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Longsor yang melanda pemukiman penduduk di Jalan Melati, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat, 19 Agustus 2016 malam memakan korban jiwa.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Hal itu, baru terkuak pada Sabtu, 20 Agustus 2016 siang sekira pukul 13.00 WIB, saat tim gabungan dari TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan penanggulangan di lokasi kejadian.

"Korban jiwa satu orang itu baru ditemukan siang kemarin (Sabtu 20 Agustus 2016)," ujar Sekretaris Kota Jakarta Selatan, D. Putra pada VIVA.co.id di lokasi, Minggu, 21 Agustus 2016.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Korban tersebut adalah seorang pria bernama Dursen (65) kelahiran Brebes, Jawa Barat. Dursen baru ditemukan pada Sabtu siang lantaran, jasadnya tertimbun reruntuhan salah satu ruangan yang ada di dalam komplek Masjid Al Quba Nurul Amal.

Masjid itu sendiri, diketahui dekat sekali dengan lokasi terjadinya longsor, yang dipotong oleh anak Kali Krukut. Masjid tersebut, merupakan bangunan terparah yang terkena dampak longsor, lantaran dekat sekali dengan lokasi kejadian.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Sebelumnya diberitakan, longsor melanda pemukiman penduduk di Jalan Melati, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat, 19 Agustus 2016 malam, sekira pukul 20.00 WIB. Akibat hal itu, sekitar tujuh rumah warga rusak.

Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kota Jakarta, sehingga mengakibatkan tanah hutan kota longsor. Akibat longsor, irigasi kali krukut tersumbat dan mengakibatkan banjir.
 

Ilustrasi longsor

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Tanah longsor yang terjadi tersebut kemudian terlihat merobohkan lereng, menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya termasuk pepohonan hingga ruas jalan yang baru saja

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024