300 Bus TransJakarta Paling Nyaman Segera Beroperasi

Ilustrasi Bus Maxi TransJakarta
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Direktur Utama PT. Transportasi Jakarta, Budi Kaliwono mengatakan, 300 bus maxi TransJakarta direncanakan segera beroperasi menambah armada TransJakarta.

Antisipasi Perluasan Ganjil-Genap, Transjakarta Tambah Armada

Budi mengatakan, jenis bus dipilih karena kota-kota besar lain di dunia menggunakan bus serupa karena sangat nyaman ditumpangi. "Kita selalu ingin membuat (kota) Jakarta baru yang lebih bagus," ujar Budi di Balai Kota DKI, Jumat, 2 September 2016.

Bus tidak sama dengan bus gandeng (articulated) yang saat ini menjadi armada utama TransJakarta. Bus juga tidak sama dengan bus medium yang saat ini dioperasikan TransJakarta sebagai armada bus gratis di beberapa jalan protokol.

TransJakarta Mau Saingi Ojek Online, Begini Jurusnya

Budi mengatakan, bus memiliki lebar 10 meter. Interior bus dibuat nyaman, tidak dilengkapi jok plastik yang berhadap-hadapan. Kursi pun menggunakan jok busa, layaknya bus pariwisata, yang menghadap ke depan.

"Ini (pengadaan bus) adalah program TransJakarta untuk menyukseskan Jakarta yang lebih modern," ujar Budi.

Kerennya Bus TransJakarta Baru, Pakai Bahan Ringan

Menurut Budi, 300 bus baru beroperasi seluruhnya di bulan April 2017. TransJakarta melakukan pengadaannya secara bertahap. 100 unit bus ditargetkan sudah bisa memperkuat armada TransJakarta bulan November tahun ini.

"November nanti, paling lambat, 100 (unit) sudah masuk," ujar Budi.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memuji purwa rupa bus yang ia coba. Ahok mengatakan, sasis dan suspensi yang diproduksi Mercedez-Benz membuat laju bus mulus. Interior yang dibuat nyaman juga membuatnya menikmati perjalanannya dari halte Waduk Pluit, Jakarta Utara, ke Balai Kota.

"Ini (jok bus) betul-betul empuk. Kayak naik bus wisata, enak," ujar Ahok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya