Hari Ini, 95 Ribu Hewan Disembelih di Jakarta

Petugas memeriksa hewan kurban di Menteng, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id –  Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat memastikan, setiap hewan kurban yang disembelih di Jakarta pada hari Idul Adha 1437 Hijriyah bebas dari penyakit anthrax.

Bukan Muslim, Ini Alasan Bertrand Antolin Tetap Terlibat dalam Berkurban

Ia mengatakan, petugas dari Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) akan memastikan kesehatan setiap hewan kurban sebelum disembelih.

"Kita pastikan betul di Jakarta benar-benar bebas dari penyakit anthrax," ujar Djarot di halaman Balai Kota DKI, Senin, 12 September 2016.

Komentari Kisruh dengan Ketua RT, Saipul Jamil Sebut Dewi Perssik Korban

Menurut Djarot, berdasarkan laporan Dinas KPKP, ada 95.508 hewan kurban yang disembelih tahun ini. Hewan kurban yang disembelih terdiri dari sapi, kambing, kerbau, dan domba. Ada 1.495 titik penyembelihan yang tercatat. Sementara, petugas yang diterjunkan untuk memeriksa ada 808 orang.

Djarot sendiri, akan melihat langsung proses penyembelihan yang dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) Cakung yang dimiliki PD Dharma Jaya di Jakarta Timur. Ia juga akan meninjau penyembelihan yang dilakukan di RPH baru yang dimiliki Masjid Al-Azhar di Jakarta Timur.

Perseteruan Selesai, Dewi Perssik Bakal Temui Pak RT untuk Bersilaturahmi

Menurut Djarot, supaya penyembelihan hewan kurban di Jakarta dipastikan kesterilannya, bukan tak mungkin, standar pemotongan yang diterapkan di RPH akan diterapkan juga di tempat-tempat pemotongan lain. Penyembelihan hewan kurban di Jakarta nantinya bisa hanya dilakukan di RPH saja.

"Semoga ke depan ini bisa kita bangun di beberapa tempat. Dan akhirnya, penyembelihan hewan kurban itu bisa betul-betul bersih," ujar Djarot.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya