DKI Buka Pelayanan KTP Keliling

VIVAnews - Pemerintah DKI Jakarta segera melakukan uji coba pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) keliling yang akan diaktifkan pada pertengahan bulan ini.

"Mungkin akhir Agustus" ucap Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo di Balaikota, Selasa 11 Agustus 2009.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

Untuk tahap uji coba, Pemerintah  DKI akan menggunakan kendaraan yang ada. Pelayanan KTP keliling nantinya akan mengunjungi Rukun Warga di setiap kelurahan di Jakarta setiap hari kerja.

Sebenarnya, pelayanan KTP ini direncanakan sudah dioperasikan sejak Juni lalu, namun masih terkendala karena tidak tersedianya kendaraan operasional.

Pelayanan KTP keliling akan melayani pembuatan KTP dan perpanjangan masa berlaku KTP bagi warga DKI Jakarta. "Untuk mempermudah pelayanan" ujar Fauzi Bowo lagi.

Sebelumnya, kepala dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Franky mengatakan, pengadaan layanan KTP keliling bertujuan untuk mempermudah akses warga DKI Jakarta dalam membuat dan memperpanjang masa berlaku KTP.

Sehingga layanan KTP keliling ini dapat mempermudah masyarakat
yang rumahnya jauh dari Kelurahan. "Ini juga untuk meningkatkan pelayanan KTP di hari libur," kata Franky.

Selain itu, pembuatan KTP juga menjadi lebih cepat. Oleh karena itu, dengan adanya layanan KTP keliling tersebut diharapkan dapat mengurangi akses penyimpangan seperti pungutan liar dan proses yang berbelit-belit.

Selama ini, pelayanan  KTP di kelurahan masih dilakukan dengan cara konvensional dan terkesan lamban.

Sementara itu, anggota komisi D DPRD DKI Jakarta, Denny Talloga menyatakan, setuju dengan langkah pemprov dalam pelayanan KTP keliling. Namun, Denny berharap pihak pemprov melakukan sosialisasi semaksimal mungkin. Sehingga masyarakat mengetahui keberadaan pelayanan KTP keliling ini. 

“Kalau masyarakat tidak mengetahui tentang layanan KTP keliling, maka pelaksanaan program ini bisa mubazir” ucap Denny.

Selain itu, Denny pun mengusulkan agar penempatan kendaraan layanan diutamakan pada lokasi yang tepat. “Yang harus menjadi prioritas adalah lokasi yang banyak terdapat warga di bawah garis ke miskinan,” ucap Denny.

Pelayan secara keliling telah diterapkan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sejak lama. Pelayanan SIM dan STNK keliling di beberapa wilayah Jakarta ini buka setiap hari kerja. 

Partai Pendukung Prabowo-Gibran Akan Kumpul, Termasuk PKB-Nasdem Diajak
Cawapres sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Cak Imin menjelaskan bahwa pembubaran Timnas Amin akan dilakukan di rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024