Ulang Pertanyaan Soal Sianida, Ahli UI Sebut Jaksa Galau

Barang bukti kopi rasa sianida
Sumber :
  • ANTARA / Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id – Persidangan perkara kematian Wayan Mirna Salihin di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, kian memanas. Jaksa Penuntut Umum berulang kali menanyakan pada ahli toksikologi kimia dari Universitas Indonesia (UI) Dr. rer. nat. (doctor rerum naturalium) Budiawan, perihal sifat korosif pada racun sianida.

Kaleidoskop 2023: Heboh Kasus Jessica Wongso Gara-gara Netflix

Budiawan yang dihadirkan sebagai saksi dari pihak terdakwa Jessica Kumala Wongsi pun menjawab, sianida memiliki sifat korosif.

"Secara alamiah, (sianida) punya sifat korosif. Tapi, tergantung berapa pH (tingkat keasaman)-nya. Bahan kimia apa saja itu punya sifat korosif, itu alamiah. Tapi, bukan zat itu yang menentukan korosif apa tidak, melainkan pH-nya," kata Budiawan di persidangan, Rabu, 14 September 2016.

Jessica Wongso Dituduh Bekerja di Bidang Farmasi, Otto Hasibuan Bongkar Pekerjaan Sebenarnya

Budiawan juga menjelaskan kepada jaksa, jika racun sianida mengikat oksigen saat masuk ke dalam tubuh seseorang.

"Pak Jaksa, sianida itu punya mekanisme menyerang yang namanya blocking oksigen yang ada dalam aliran darah. Darah itu kan suplai ke mana-mana, ke hati, sistem saraf, dan usus besar. Termasuk otak dan jantung," kata dia.

Otto Hasibuan Bakal Daftarkan PK Jessica Wongso Tahun Depan

JPU pun kembali mengulang pertanyaan seputar sifat korosif sianida. JPU bertanya bagaimana kalau sianida terpegang di tangan, apakah akan lebih berdampak sifat korosifnya atau tidak.

"Pak Jaksa kayaknya galau, nih. Saya sudah bilang tadi, korosif itu ditentukan oleh pH-nya berapa. Kalau pH-nya tinggi, kemungkinan korosifnya semakin tinggi," kata Budiawan lagi.

Pengacara Otto Hasibuan.

Otto Hasibuan Jelaskan Perkembangan Kasus Jessica Wongso, Mau Ajukan PK Bulan Januari

Pada akhir tahun 2023 lalu, Otto Hasibuan sempat menyinggung bahwa pihaknya akan segera mengajukan PK Jessica Wongso pada bulan Januari atau Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2024