Diminta Ahok Tak Usah Banyak Omong, Ini Respons Sandiaga Uno

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Bakal calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Sandiaga Uno, heran atas pernyataan calon petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok –  yang menyebutnya tidak perlu sesumbar untuk membuka sumber dana kampanye.

Ahok-Djarot Siap Terima Sumbangan Rp750 Juta untuk Kampanye

Sandiaga heran dengan tanggapan Ahok tersebut, sebab tantangan transparansi dana kampanye itu awalnya justru datang dari Ahok. Maka, Sandiaga mengaku hanya menanggapi ajakan Ahok.

"Itu sebetulnya adalah tanggapan saya atas ajakan beliau untuk membuka harta dengan proses terbalik dan juga ajakan kita dalam hal transparansi," kata Sandiaga di Gedung Graha Oikumene, Jakarta Pusat, Jumat 16 September 2016.

Ahok Pasang Tarif Rp30 Juta untuk Jadi Pembicara

Tapi, kata Sandiaga, respons Ahok ternyata di luar dugaannya. Menyadari reaksi Ahok tersebut, Sandiaga memilih tidak mau menanggapinya lebih jauh.

"Seandainya beliau tidak ingin melanjutkan diskusi tersebut, saya mengerti. Karena mungkin juga sangat terganggu bagi beliau," kata dia.

Dana Kampanye, Hanura: Tanya Ahok Diminta Mahar Berapa?

Namun, Sandiaga mengatakan, apabila Ahok mau membuka sumber dana kampanye, ia juga meminta lingkaran para peserta Pilkada 2017 ikut diaudit, termasuk orang lingkaran Ahok. Sandiaga meminta seperti Sunny Tanuwidjaja juga diminta buka-bukaan.

"Buka yuk uang untuk kampanye. Sumber kampanye, termasuk lingkaran Pak Gubernur seperti istri dan Sunny, yuk sama-sama buka. Saya berani kok bersih-bersih, saya berani buka habis-habisan. Saya sambut dengan positif. Hayo pak gubernur buka-bukaan," kata dia. 

Sebelumnya diberitakan, Ahok mengatakan Sandiaga tidak perlu sesumbar menantangnya untuk membuka sumber dana kampanye. Ahok mengatakan kubunya akan terbuka mengungkap sumber pendanaan itu.

"Ya silakan saja, kami sudah buka kok. Kalau itu, kami enggak masalah. Memang semua terbuka, kami transfer nanti," ujar Ahok di Balai Kota DKI, Jumat, 16 September 2016.

Bahkan, Ahok menyebut Sandiaga merupakan bakal calon gubernur yang tidak memiliki pengalaman di dunia pemerintahan. Sebab, Sandiaga selama ini dikenal sebagai mantan pengusaha.

"Dia enggak usah banyak omong lah, belum (pernah) jadi pejabat," kata Ahok.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya