Pilkada Jakarta 2017

PKB DKI Usung Anies-Sandiaga di Pilkada DKI

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan, mengatakan bahwa Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta telah sepakat untuk mengusung Anies Baswedan dengan Sandiaga Uno (Anies-Sandiaga) di Pilkada DKI Jakarta 2017 nanti.

Anies Baswedan 16 Bulan Tak Punya Wagub, Inikah Penyebabnya?

"Kalau dari tingkat DPW Anies-Sandiaga. Kesepakatan bersama. Pembicaraan sejauh ini," ujar Daniel di DPR RI, Jakarta, Kamis, 22 September 2016.

Daniel menilai, Anies-Sandiaga adalah sosok yang pas untuk memimpin Ibu Kota. Memberi harapan baru bagi Jakarta, dan sangat berbeda dengan gaya kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Cerita Haru Saat Serah Terima Kunci Rumah DP 0 Rupiah

"Mampu ya. Dari konteks yang berbeda, mereka (Anies-Sandiaga) bisa memberi harapan baru untuk warga Jakarta. Karena pendekatan humanis. Dari konteks alternatif dianggap paling baik. Membedakan dengan Ahok. Baik dari konsep pembangunan dan kepemimpinan," kata dia.

Usulan DPW itu, kata Daniel, juga sudah dibawa ke tingkat yang lebih tinggi yakni Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB.

Sandiaga Siapkan Kado Ultah untuk Anies Baswedan

"DPW pada akhirnya menyerahkan ke DPP. Aspirasi ini dibawa ke Cikeas sebagai salah satu (opsi), karena itu yang menguat," kata dia.

Meski demikian, Wakil Ketua Komisi IV DPR itu juga menyebut bahwa konstelasi politik jelang penutupan pendaftaran calon peserta Pilkada DKI sangat dinamis.

Karenanya, belum dipastikan siapa yang pada akhirnya akan diusung oleh PKB berkoalisi dengan partai lainnya untuk melawan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat.

"Perkembangannya dinamis, ini dalam konteks benar-benar untuk mewujudkan (calon) yang kuat dan terbaik," kata Daniel. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya