PAN: Pilkada DKI Jakarta Jadi Tontonan Menarik

Maskot Pilkada DKI Jakarta 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno, memprediksi Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 akan jadi tontonan menarik, sekaligus ujian bagi demokrasi di Indonesia.

PKS Berterima Kasih kepada Anies-Cak Imin dan Merasa Bangga Jadi Koalisi Perubahan

"Ada kontestasi demokrasi yang akan menjadi tontonan yang sangat menarik dan merupakan batu ujian bagi demokrasi kita," ujar Eddy di kantor pusat Partai Demokrat di Jakarta pada Jumat malam, 23 September 2016.

Namun, kata Eddy, menarik atau tidak Pilkada Ibu Kota sesungguhnya sangat bergantung pada demokrasi itu dijalankan dengan baik. "Kalau demokrasi di DKI Jakarta bisa kita tunjukkan betul-betul tertib, lancar, tanpa adanya kegaduhan, itu bisa menjadi tontonan menarik, suatu persembahan bagi Indonesia," katanya.

Presiden PKS: Saatnya Pak Anies Mendukung Kader PKS untuk Maju di Pilkada DKI

Alasannya, kata Eddy, selama ini pesta demokrasi DKI Jakarta lima tahunan itu menjadi barometer politik di seluruh penyelenggaraan pilkada.

Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, muncul tiga pasang bakal calon peserta kontestasi demokrasi daerah lima tahunan itu. PDIP, Golkar, Hanura dan Nasdem mengusung petahana Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Rosan: Mari Bersatu Wujudkan Indonesia Emas

Koalisi Cikeas dengan bakal pasangan calonnya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni. Dua partai politik lainnya, yakni Gerindra dan PKS, mengusung nama Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

(ren)

Sidang Putusan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu 2024 di MK, Anies-Muhaimin

Terbuka untuk Bertemu, Anies Sebut Prabowo Bukan Musuh tapi Lawan

Anies Baswedan mengatakan ada peluang Prabowo Subianto mengundang dirinya untuk melakukan pertemuan usai putusan MK karena sebetulnya hanya lawan dalam pemilu.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024