Waspada Modus Penipuan dari Blackberry Messenger

Ilustrasi BlackBerry Messenger
Sumber :
  • businessreviewonline.com

VIVA.co.id – Akun BlackBerry Messanger (BBM) anggota DPR Daniel Johan diretas oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Politisi PKB ini langsung melaporkan ke Polda Metro Jaya.

Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

Kepala Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Roberto Gomgom Pasaribu menyebut, sering mendapatkan laporan serupa.

"Itu modus lama. Kami sudah sering menerima aduan masyarakat dengan modus demikian," ujar Roberto ketika dihubungi, Kamis, 29 September 2016.

Viral Penipuan File APK Surat Panggilan Polisi, Begini Respons Polda Metro Jaya

Roberto menjelaskan, modus tersebut dikenal dengan metode phising. Pelaku mengirimkan fake message atau fake link melalui email korban yang digunakan pada saat registrasi BBM.

"Ketika kita nge-klik link tersebut, maka data-data kita akan diserap, termasuk akun BBM," kata Roberto.

Miliarder di Vietnam Dijatuhi Hukuman Mati Gegara Menipu Bank Rp 697 Triliun

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Fadil Imran mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati ketika mendapatkan link via email atau pun BBM atau media lainnya.

"Perhatikan betul alamat pengirim email, karena ada yang suka dimirip-miripkan dengan email asli suatu instansi, misalnya bank. Kalau dia meminta kita memasukkan password dan user ID, sebaiknya jangan dituruti," ujar Fadil.

Akun BBM Daniel Johan digunakan pembajak untuk meminta sejumlah uang kepada rekan Daniel di kontak akun BBM miliknya.

Daniel menjelaskan, awal mula akun BBM-nya dibajak setelah ia menerima sebuah link dari rekannya melalui BBM. Dalam link tersebut, Daniel diminta memasukkan ID akun BBM beserta passwordnya. Setelah korban 'terperangkap' tipuan itu, maka akun BBM miliknya tidak bisa diakses lagi karena sudah dibajak oleh pelaku.

Usai membajak BBM Daniel, pelaku yang menguasai akun BBM Daniel lalu mengirimkan pesan kepada seluruh teman yang ada di kontak akun BBM itu. Pesannya adalah berpura-pura meminta bantuan dana karena kebutuhan mendadak.

Dalam modusnya, kata Daniel, si pembajak meminta uang ke teman di kontak BBM Daniel sebesar Rp 5 juta. Uang tersebut dijelaskan pembajak untuk biaya keluarganya yang sakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya