Bantu Pemadam, Pemilik Gedung Diminta Suplai Air ke Hidran

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • Raudhatul Zannah - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mengakui ada kelemahan dalam proses penanganan kasus kebakaran di gedung. Masalah yang menjadi sorotan adalah tak berfungsinya pompa hidran sebagai sumber air terdekat.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

"Kelemahan kita ini hidran kita yang di pinggir jalan itu dicek, saya pastikan hidran kita itu enggak berfungsi sebagian besar, coba lihat saja ora ono (enggak ada airnya)," kata Djarot di Jakarta, Sabtu, 8 Oktober 2016.

Djarot pun sudah meminta pemilik gedung yang mempunyai hidran agar menyiapkan sumur di lokasi tersebut.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

"Kepada pemilik gedung-gedung tinggi itu, harus punya cadangan air. Bikin tanki atau drum yang gede banget di bawah gedungmu itu, karena air hujan masuk ke situ, seperti resapan air," ujarnya.

Djarot menjelaskan, hal ini akan memiliki manfaat yang signifikan jika terjadi kebakaran di gedung tersebut. Air simpanan di dalam drum atau bak itu bisa dimanfaatkan agar proses pemadaman berjalan lebih efektif.

Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

"Bayangin waktu itu (kebakaran) di Tanah Abang, cari air susah amat, ketika itu cari air di sungai Cideng itu enggak ada air. Kemudian, cari air bawa tanah, listrik dimatiin, akhirnya kita gunakan mobile genset," katanya.

Selain hidran, untuk penanganan kebarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan mobil pemadam yang disiagakan di setiap kelurahan. "Tetapi itu pertolongan pertama, respon awal harus cepat, baru kalau enggak mampu baru yang gede-gede (mobil pemadam kebakaran yang besar)," tutur Djarot.

Tangkapan layar kebakaran di salah satu ruangan KM Bukit Raya saat menuju Pelabuhan Dwikora Pontianak.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Kapal Pelni KM Bukit Raya mengalami kebakaran yang diduga berasal dari salah satu ruangan dek atas.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024