Pilkada Jakarta 2017

Tokoh Agama Jakarta Sepakat Jadikan Pilkada Tanpa Anarki

Ketua MUI, Maruf Amin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eka Permadi

VIVA.co.id – Berbagai tokoh lintas agama sepakat untuk menjaga kerukunan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Maaruf Amin, mengimbau kepada seluruh pihak agar agama tidak dijadikan sebagai alat untuk menimbulkan konflik.

PAN Siapkan Bima Arya dan Desy Ratnasari untuk Pilgub Jabar

"Agama jangan digunakan untuk menghina, jangan untuk melecehkan, merendahkan. Itu yang kita minta," kata Ma'aruf di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Jumat, 14 Oktober 2016.

Jika terjadi perbedaan pendapat, kata Maaruf, jangan diselesaikan dengan memakai kekerasan. Andai kata tidak dapat terselesaikan, maka kita harapkan diselesaikan melalui hukum yang berlaku.

Gelar Rakornas, PDIP Mulai Panaskan Mesin Partai untuk Pilkada Serentak 2024

"Jangan ada keributan karena kerukunan umat beragama lebih tinggi nilainya dibanding masalah yang sifatnya untuk kepentingan sesaat," ujar Ma’ruf.

Meskipun tensi politik memanas, dia berharap agar semua pihak dapat menjaga kerukunan umat beragama. "Kami pimpinan majelis agama sepakat, kita tidak rela kalau Pilkada ini mengorbankan kerukunan nasional, kerukunan antar umat beragama," kata dia.

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

Di tempat yang sama, tokoh agama Katolik, Frans Magniz Suseno berpendapat hal sama. Jika dalam rangka kampanye itu terdapat pelecehan atau sebagainya, jangan bereaksi dengan kekerasan.

"Kalau tidak bisa selesai dengan musyawarah, ya dibawa ke pengadilan sesuai dengan hukum secara beradab dan tidak ada ramai-ramai apapun," ujarnya.

DPC PKB Kota Malang membuka pendaftaran Bacawali di Pilkada 2024

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

PKB Kota Malang akan mengusulkan 4 nama ke DPP PKB.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024