Pilkada DKI 2017

Polda Metro Jaya Tak Peduli Siapa Menang di Pilkada DKI

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suntana.
Sumber :
  • M Nadlir

VIVA.co.id – Kepolisian Daerah Metro Jaya meminta kepada seluruh anggotanya untuk tetap netral dalam pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta Februari 2017 mendatang. Menurut Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suntana, netralitas ini sangat penting agar polisi tidak terbebani dengan pihak-pihak tertentu.

Ahok Sebut Pertamina Bisa Tetap Untung Bila Tak Naikkan Harga BBM 2022

"Tempatkan posisi sebagai aparat polisi yang netral. Kalau sudah netral menjalankan tugas juga enak, bisa adil dan tidak ada beban pada pihak-pihak tertentu," kata Suntana di Polda Metro Jaya, Selasa, 18 Oktober 2016.

Lulusan Akpol angkatan 1989 itu juga mengimbau seluruh aparat yang ada untuk siap dalam mengamankan gelaran pesta demokrasi tersebut. Tak hanya polisi di Jakarta saja, Suntana juga mengimbau seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada DKI ikut bersikap netral. 

Hasto dan Ahok Sampaikan Pesan Megawati untuk Politisi Muda

"Tidak usah mikir siapa yang menang, tapi bagaimana kondisi keamanan Jakarta. Modalnya satu, netralitas," katanya.

Ditambahkan Suntana, keamanan akan dapat terwujud jika para aparat punya wawasan dan pengetahuan akan aturan dan regulasi penyelenggaraan Pilkada. Karena itu, dilakukan kerjasama dengan KPU dan panitia pengawas untuk koordinasi pengamanan pilkada.

Ruko Milik Ahok di Medan Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar

“Keamanan pilkada dapat terwujud jika personel punya wawasan dan pengetahuan soal aturan Pilkada. Dengan itu masyarakat akan bisa merasa aman," ujarnya.

Selain itu, personel polisi harus paham mekanisme pelaporan tindak pidana di Pilkada dengan jelas, agar tidak saling tumpang tindih kewenangannya dengan penyelenggara Pilkada.

"Jadi aparat harus paham beda tindak pidana di Pilkada dengan tindak pidana umum," kata Suntana.

 

(ren)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya