Rusun Mulai Rusak, DKI Akan Rehabilitasi Total

Warga Korban Banjir Mulai Tempati Rusun Marunda
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana merehabilitasi total beberapa bangunan rumah susun (rusun) di Jakarta. Selain lantaran sudah tua, beberapa rusun tersebut juga mulai rusak.

Pemprov DKI Bantah Heru Budi Instruksikan Potong Anggaran KJMU

"Marunda hampir semua mesti rehab. Penjaringan sudah terlalu tua mesti bongkar. Jadi semua bangunan yang lama hampir semua enggak bisa dipakai. Selain ukuran jelek, semua bocor, sistemnya enggak benar," kata Ahok, sapaan Basuki, di Balai Kota, Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2016.

Saat ini, menurut Ahok, juga tengah dibangun beberapa tower rusun di Daan Mogot, Jakarta Barat. Sementara bagi rusun yang direhabilitasi, penghuninya akan dipindahkan sementara.

Pemprov DKI Ungkap Penyebab 771 Orang Tak Layak Terima KJMU

Terkait lapangan kerja untuk mereka ketika dipindah, Ahok mengatakan, pihaknya telah memberi pelatihan keterampilan dan usaha, terutama bagi ibu-ibu rumah tangga. Sehingga mereka tetap bisa mencari nafkah bagi keluarganya.

"Saya kira ingin ibu-ibu itu berlatih misal jahit serbet atau seprai, bantal guling, sarung bantal, macam-macam. Kami lagi latih, pinjemin nanti dibeli balik. Nanti akan dijual di Alfamart, Indomart. Supaya dia punya penghasilan," ujarnya.

Pemprov DKI Prediksi Kebutuhan Beras Naik 3,53% Jelang Ramadan

Selain itu, kata Ahok, penghuni rusun yang ingin membuka usaha juga diberi kemudahan modal usaha. Saat ini, menurut Ahok, telah banyak contoh penghuni yang telah berhasil.

"Kami juga tawarin kamu mau nanam sayur cocok tanam. Lihat Kalijodo, Kalijodo semua hampir berhasil tanam sayur semua, ka mibantu bibit segala macam," katanya.

Pemudik Pengguna Bus Sudah Memadati Terminal Kp. Rambutan (Foto ilustrasi)

Pemprov DKI Gelar Mudik Gratis, Simak Cara Daftarnya dan Ini Berkas yang Harus Disiapkan

Program mudik gratis ini punya tujuan Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024