Tinggal di Jakarta Rentan Gangguan Jiwa, Ini Buktinya

Ilustrasi gangguan jiwa.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

VIVA.co.id – Tingginya tekanan hidup di Jakarta membuat warga Ibu Kota rentan terhadap ancaman kesehatan mental. Saat ini, tercatat 2.677 orang psikotik atau gangguan jiwa yang berada di Panti Sosial Bina Laras milik Dinas Sosial DKI Jakarta.

Pemuda di Karawang Alami Gangguan Jiwa Diduga Usai Belajar Ilmu Tasawuf

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Masrokhan mengatakan, total orang psikotik yang mencapai ribuan itu baru yang terdata di panti. Masih ada lagi mereka yang berada di lingkungan keluarga atau pun di tempat lainnya.

"Untuk mengatasi tingginya prevalensi psikotik itu, kami mengembangkan Laboratory Scientist," kata Masrokhan di Jakarta, Selasa, 19 Oktober 2016.

Polisi: Nasib Ibu yang Tusuk Anaknya 20 Kali Bisa Berakhir di RS Jiwa

Nantinya, laboratorium itu berfungsi sebagai wahana untuk mengkolaborasi metode penanganan para penyandang disabilitas secara komprehensif. Berbagai disiplin ilmu atau ahli juga akan dilibatkan dalam memberikan kontribusi pemikiran dan konsep.

"Kami telah mengumpulkan para ahli dan pakar di bidangnya, yaitu para psikolog dan dokter. Itu sebagai masukan-masukan yang pada nantinya akan diolah untuk menjadi metode yang komprehensif dalam menangani penyandang psikotik," kata Masrokhan.

Pembunuh Sadis Sekeluarga di Penajam Tak Gangguan Jiwa, Menurut Polisi

Di samping itu, pihaknya tidak hanya melakukan pelayanan di panti, tetapi juga pelayanan non panti. Pelayanan non panti itu akan diberikan kepada masyarakat di lima wilayah kota melalui day care secara gratis.

"Dengan adanya day care itu, para penyandang psikotik bisa pulang-pergi ke rumah untuk mendapatkan pelayanan. Pihak keluarga juga bisa membantu dalam proses penyembuhan mereka," ujarnya. (ase)

Ilustrasi artis ditangkap polisi.

Terkuak, Identitas Pria yang Nekat Terobos Istana Negara pada Malam Takbiran

Identitas pria nekat yang diduga hendak menerobos masuk kawasan Istana Negara di Jakarta Pusat, terkuak. Pria tersebut diketahui berinisial DM, berusia 30 tahun.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024