Darurat Sipil Pilkada DKI, Ini Penjelasan Polri

KPU DKI menjelaskan kelengkapan dokumen persyaratan bakal calon Pilkada DKI 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad

VIVA.co.id – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Abdullah Makhmud Hendropriyono melalui akun Twitternya @edo751945 menyebutkan masalah keamanan menjelang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah secara serentak 2017 mendatang.

Golkar dan Gerindra Sepakat Rekomendasikan Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI

"Stabilitas politik di RI sedang mengalami gangguan, menjelang Pilkada DKI. #PerkiraanKeadaanStrategis," tulis Hendropriyono.

Menanggapi hal itu, Kepolisian Republik Indonesia akan tetap berusaha semaksimal mungkin menjaga keamanan menjelang Pilkada. Bahkan segala kesiapan dan simulasi pengamanan sudah dilakukan.

Tahapan Pilkada Jakarta 2024: Pendaftaran Paslon Dibuka 27 Agustus

"Jadi yang terpenting partisipasi seluruh pihak untuk bersama-sama mewujudkan Pilkada yang kondusif," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar di Jakarta Selatan, Rabu, 19 Oktober 2016.

Boy meminta kepada semua elemen masyarakat agar tidak melakukan provokasi kepada yang membuat keributan maupuan susana yang tidak nyaman. "Jadi kita berupaya agar semua dalam keadaan kondusif, demokrasi bersifat aman," katanya.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Tentunya, aparat keamanan akan bekerja keras menciptakan suasana yang kondusif menjelang Pilkada. Begitu juga masyarakat harus tertib hukum bukan mengedepankan cara lain yang mengarah kepada perbuatan kekerasan. "Intinya mari bangun budaya tertib hukum dalam demokrasi," kata Boy.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya