Sylviana Murni: Pimpin Jakarta Tak Perlu Marah-marah

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017 Sylviana Murni
Sumber :
  • Reza Fajri/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017, Sylviana Murni menekankan pentingnya menumbuhkan kembali kebudayaan Betawi di Jakarta. Karena itu, hal ini akan menjadi salah satu fokus pekerjaan yang akan dilakukannya, jika terpilih dalam Pilkada DKI 2017.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

"Karena, kita kan ini harmony in diversity. Jadi, kita harus menghargai semua budaya yang hidup tumbuh berkembang di Jakarta, tapi akar budaya Betawi ini tidak boleh tinggal," kata Sylviana, ketika ditemui di Balai Budaya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 22 Oktober 2016.

Menurutnya, Betawi punya banyak sekali seniman, termasuk seniman perempuan. Mereka harus didukung dan difasilitasi, misalnya dengan sanggar-sanggar seni yang memadai.  

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

"Nanti, dia bisa berkolaborasi dengan budaya-budaya lain yang tumbuh hidup berkembang di Jakarta, sehingga harmonis," ujar Sylviana.

Menurut mantan Walikota Jakarta Pusat ini, seni memiliki peran penting untuk mengembangkan Jakarta. Seni bisa membuat Jakarta menjadi lebih beradab.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

"Sangat penting karena ini (seni) yang bisa melenturkan, tidak harus memimpin Jakarta dengan keras, tetapi tegas yes. Tidak perlu marah-marah kan? Tapi bagaimana semuanya kita dengan tegas, tetapi enjoy, menikmati budaya," kata Sylviana.

Lebih lanjut, dia mengaku siap turun tangan langsung untuk mempromosikan budaya-budaya Betawi.

"Saya menjadi None Jakarta juga bagaimana mempromosikan budaya Betawi, bagaimana mengembangkan budaya Betawi itu,” tambahnya.  

Dalam kesempatan itu, Sylviana juga berterima kasih, karena telah dibuatkan lukisan oleh Iwan Aswan. Dia pun berkelakar meminta Iwan membuatkannya kembali lukisan, dengan menggunakan jilbab. 

"Nanti dibikinin yang jambulnya enggak kelihatan yah," kata Sylviana sambil tertawa. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya