Pilkada DKI 2017

Cuti Empat Bulan, Ahok Pamitan ke Jokowi

Jokowi dan Ahok.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama berpamitan ke Presiden RI Joko Widodo. Ini terkait posisinya sebagai kandidat petahana di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017, dan harus meninggalkan jabatannya selama empat bulan mulai Jumat, 28 Oktober 2016.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Sesuai ketentuan dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016, dasar hukum Pilkada serentak 2017, kandidat petahana harus mengambil cuti selama masa kampanye.

Menurut Ahok, ia akan menyerahkan jabatannya secara seremoni kepada Pelaksana Tugas (plt) yang ditunjuk Menteri Dalam Negeri pada Rabu, 26 Oktober 2016.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

"Tadi ke Istana permisi. Rabu kan sudah serah terima (jabatan kepala daerah), dengan Mendagri," ujar Ahok di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri, Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Senin, 24 Oktober 2016.

Sebelumnya diberitakan, Ahok yang tengah memimpin rapat Dewan Pengupahan DKI, mendadak meninggalkan rapat yang bertujuan membahas rekomendasi besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI 2017.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Ahok baru mengikuti rapat selama 15 menit. Seorang ajudan, memberi tahu bahwa ia dipanggil Presiden RI Joko Widodo. "Tuh, saya dipanggil ke Istana," ujar Ahok di Balai Kota.

Presiden Jokowi dan Wapres KH. Ma'ruf Amin Serahkan Zakat

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proses negosiasi pemerintah untuk menambah kepemilikan saham PT. Freeport Indonesia (PTFI) sebesar 10 persen masih berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024