Pilkada Jakarta 2017

Ketua KPU DKI: Semua Nomor Peserta Pilkada Sama Baiknya

Suasana pengambilan nomor urut pasangan calon Pilkada DKI
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath

VIVA.co.id – Ketua Komisi  Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta, Soemarno, menegaskan setiap nomor urut pada hakikatnya mempunyai tingkatan yang sama. Semua nomor baik satu, dua dan tiga sama baiknya.

Pemilu 2019, KPU Tetapkan DPT DKI Jakarta 7.761.598 Pemilih

"Nomor 1, 2, 3 ditulis berdampingan, semua sama. Ketiga nomor itu tidak saling menyindir dan tidak saling.menyerang. Berapa pun nomor yang didapat pasangan calon, itulah nomor terbaik yang dianugerahkan Tuhan," kata Soemarno usai pengundian nomor urut peserta Pilkada DKI 2017 di JIEexpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa malam, 25 Oktober 2016.

Menurut Soemarno, nomor urut itu akan menjadi nomor identitas setiap pasangan calon yang akan dicetak di alat peraga kampanye hingga di surat suara.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Lebih lanjut, dia berharap, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017 nanti menjadi Pilkada yang aman dan damai sehingga menghasilkan pemimpin terbaik untuk Ibukota. "Siapapun yang terpilih, yang menang adalah rakyat Jakarta," katanya.

Malam hari ini, masing-masing kandidat mengambil nomor urut. Hasilnya, pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni mendapat nomor urut 1, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat nomor urut 2, dan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno nomor urut 3.

KPU Minta KPI DKI Awasi Lembaga Penyiaran

Sebelum mengambil nomor urut, para calon wakil gubernur (cawagub) mengambil nomor antrean, sesuai waktu pendaftaran di KPUD.  Djarot lebih dulu mengambil nomor urut di susul Sylvi dan Sandi.

Ahok menjadi calon gubernur (cagub) pertama yang mengambil gulungan kertas nomor urut, disusul Agus dan Anies. Setelah membuka gulungan secara serentak, terlihat nomor urut yang terpampang.

Setiap pendukung pasangan calon pun menyambut gembira disertai dengan menyanyikan yel-yel masing-masing.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya