Kemeriahan Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Jakarta

Mobil hias pasangan Ahok-Djarot untuk deklarasi kampanye damai di Silang Monas.
Sumber :
  • Reza Fajri

VIVA.co.id – Tiga calon gubernur DKI Jakarta 2017 telah hadir di acara deklarasi kampanye damai yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Sabtu 29 Oktober 2016.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Selain mereka dan tim pemenangannya masing-masing, para warga yang kebetulan tengah berolahraga di area Monas juga antusias menyaksikan acara ini. Sejumlah mobil hias juga menarik perhatian warga.

Sementara di tenda tempat para cagub-cawagub berada, para simpatisan riuh meneriakkan nama-nama jagoannya. Namun keriuhan ini tidak menyebabkan pergesekan antar ketiga pendukung.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Melihat simpatisannya sangat bergairah, salah satu pasangan calon yakni Agus Harimurti Yudhoyono juga bangkit dari kursinya dan datang menyalami mereka. Para pendukung pun semakin mendekati Agus, menyalami, bahkan mencuri kesempatan berfoto.

Seperti diketahui, setelah acara deklarasi damai ini, para cagub akan kembali meramaikan acara pawai dengan mobil hias. Kampanye damai diharapkan berlangsung hingga Pilkada selesai.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Dari pantauan, mobil-mobil hias pasangan nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni memakai tema keberagaman. Kendaraan mereka dihiasi dengan ornamen-ornamen khas suku-suku di Indonesia.

Sementara mobil hias pasangan nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat terlihat didominasi pola kotak-kotak, dengan hiasan-hiasan yang disebut melambangkan kinerja Ahok. Pola ini mirip seperti saat Basuki berpasangan dengan Joko Widodo dalam Pilgub DKI 2017.

Kemudian kendaraan hias pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno memakai kendaraan-kendaraan klasik alias jadul. Selain mobil Volkswagen klasik, juga terlihat vespa-vespa klasik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya