Pilkada Jakarta 2017

Agus Akan Jadikan RT dan RW Garda Terdepan di Lingkungan

Calon gubernur DKI Agus Harimurti Yudhoyono saat pidato politik
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Agus Harimurti Yudhoyono berkeinginan untuk menjaga keamanan Jakarta dan meningkatkan kerukunan warga. Hal itu meliputi pemberdayaan kelurahan serta RT dan RW. 

Luna Maya Terpilih Jadi Ketua RT di Kemang? Begini Faktanya

Agus meyakini, RT dan RW adalah garda terdepan dalam pengawasan lingkungan. Sebab itu, RT dan RW harus didukung bahkan diberdayakan. "Saya tidak habis pikir kalau justru RT/RW malah dicurigai, tidak masuk di akal pikiran sehat saya. Justru RT/RW harus kami support dan percayai jadi mata dan telinga kami," kata Agus saat menyampaikan pidato politik di Djakarta Theater, Jakarta, Minggu, 30 Oktober 2016.

Agus mengatakan, sebagai RT dan RW, tugasnya yaitu wajib mengetahui siapa saja warga yang tinggal di lingkungannya. Dengan begitu, kata Agus, bisa menghindari terjadi kejahatan tertentu ?di dalam lingkungan masyarakat, seperti narkoba. "Kami perkuat RT/RW termasuk untuk sistem deteksi dini kalau ada yang buruk di lingkungan kita," ujar Agus.

Luna Maya Terpilih Sebagai Bu RT di Tempat Tinggalnya?

Sebelumnya, sejumlah RT dan RW saat ini meradang terhadap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Hal itu antara lain karena kewenangan mereka saat ini mulai dikurangi.  Surat pengantar dari RT RW misalnya, sudah tidak diberlakukan lagi.  Para RT dan RW merasa saat ini sudah tidak memiliki fungsi.
 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan pers usai menghadiri malam takbiran di Jakarta International Stadium, Jakarta Utara, Minggu malam, 1 Mei 2022.

Anies Perpanjang Masa Jabatan RT/RW Sampai 5 Tahun

Aturan terbaru Anies itu tercantum dalam Pergub 22 Tahun 2022 tentang Rukun Tetangga dan Rukun Warga. Soal masa jabatan pengurus RT/RW dijabarkan dalam Pasal 28.

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2022