Pengemudi Truk BBM Mogok Akibat Perundingan Buntu

Aksi demonstrasi sopir truk BBM di depo Petamina Jakarta, Selasa, 1 November 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Aksi mogok sekitar 800 pengemudi tangki milik Pertamina Patra Niaga di Depo Pertamina Plumpang, Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, hari ini, merupakan buntut dari tak ada kesepakatan antara pihak sopir dan PT Pertamina Patra Niaga.

Ratusan Pengguna Jalan Kena Razia di Jakarta Utara

Ketua Umum Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI), Ilham Syah, mengatakan, pihaknya sudah jengah dengan diskusi dan mediasi yang tak menemui solusi.

"Ini buntut dari tidak maunya Pertamina Patra Niaga untuk mematuhi UU (undang-undang) ketenagakerjaan. Sudah tiga kali perundingan yang dimediasi oleh polda lalu polres dan kabagintelkam mabes tapi Patra Niaga tidak menggubris," ujar Ilham di lokasi, Selasa, 1 November 2016.

Pemalak Sopir Mobil Bak di Cilincing Ditangkap

Mogok massal yang dilakukan oleh para buruh dinilai cukup beralasan. Sebab, sebagian besar dari para pengemudi tangki tersebut sudah bekerja sejak bertahun-tahun lalu. Selain itu, mereka juga tak pernah mendapat upah lembur meskipun tetap bekerja dalam tiap hari besar. "Mereka bekerja bertahun-tahun tapi sampai sekarang masih kontrak, ada yang lebih dari 40 tahun kerja masih kontrak," ujarnya. 

"Kontrak itu boleh jika sifatnya kerja sementara atau musiman, sementara kami sifat kerjanya kontinu, terus menerus. Mereka tidak dibayarkan upah lembur," Ilham menambahkan.

Depresi, Pria Muda Bunuh Diri Loncat dari Lantai 8 Apartemen

Para pengunjuk rasa menilai, Pertamina Patra Niaga telah melanggar undang-undang ketenagakerjaan. Mereka mengancam untuk terus melakukan aksi mogok hingga tuntutannya dipenuhi.

Protes antiperang terjadi di Moskow Rusia usai Ukraina diinvasi

Ratusan Pengunjuk Rasa Anti-Perang Ditangkap di Seluruh Rusia

Lebih dari 750 orang telah ditangkap di kota-kota di seluruh Rusia, karena memprotes invasi Moskow ke Ukraina, yang sekarang memasuki minggu ketiga.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022