Jalur MRT Lebak Bulus Dibangun, Jalan Batan Ditutup

Proyek pembangunan jalur Mass Rapid Transit (MRT).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Kawasan Jalan Batan di Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Barat, akan ditutup pada Sabtu, 12 November 2016 hingga Jumat, 18 November 2016, antara pukul 00.00 WIB hingga 05.00 WIB.

Pertemuan G20 di Jakarta, Polda Metro Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan

Penutupan itu terkait pengerjaan struktur jalur layang kereta angkut massal cepat (mass rapid transit/MRT), dengan pemasangan gelagar (box girder) pada titik area konstruksi di perempatan Jalan Batan.

Sekretaris PT MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah mengatakan, pekerjaan termasuk dalam rangkaian pembangunan stasiun layang dan depo MRT yang melintasi kawasan Lebak Bulus dari Jalan Pasar Jumat.

Malam Tahun Baru, Kapolda Jabar: Tak Ada Penutupan Arus Lalu Lintas

"Sebagai dampak dari pekerjaan ini akan diberlakukan penutupan dan pengalihan arus sementara akses dari dan menuju Jalan Batan untuk keperluan area kerja," ujar Hikmat melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 9 November 2016.

Selama tujuh hari, kata Hikmat, pekerjaan yang akan dilakukan secara berturut-turut adalah mobilisasi launching gantry pada dua hari pertama, pengiriman empat segmen gelagar, pengiriman enam segmen gelagar sebanyak dua kali, dan pekerjaan pemasangan gelagar jalur layang di dua hari terakhir. 

Libur Akhir Tahun, Kapolda Jabar Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan

Penutupan jalan dilakukan dalam durasi yang bervariasi, tergantung pekerjaan yang sedang dilakukan. Ada penutupan selama 30 menit, 45 menit, hingga pengurangan lajur dari dua menjadi satu. "Penutupan akses tersebut bertujuan untuk keamanan dan keselamatan masyarakat, serta para pengguna jalan yang melintas," ujar Hikmat.

PT MRT bekerja sama dengan lembaga berwenang menyediakan jalur alternatif yang disarankan untuk dilewati pengguna jalan selama periode pekerjaan. 

Rute alternatif itu adalah melalui Jalan Adhyaksa, baik bagi pengguna jalan yang akan menuju Jalan Batan, atau pengguna jalan dari arah Jalan Batan yang menuju Pondok Pinang. "PT MRT Jakarta memohon maaf atas ketidaknyamanan selama pekerjaan ini berlangsung," ujar Hikmat. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya