KPUD: Pengamanan Kampanye Cagub DKI Jangan Berlebihan

Ketua KPUD DKI, Sumarno.
Sumber :
  • Anwar Sadat - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah DKI  Jakarta, Sumarno menyayangkan adanya penolakan terhadap pasangan calon tertentu yang berkampanye di beberapa tempat di Ibukota. Seharusnya hal itu tidak boleh terjadi karena setiap pasangan calon mempunyai kesempatan yang sama.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

"Ada perkembangan yang memprihatinkan yaitu beberapa calon yang di tolak untuk berkampanye di daerah tertentu. Ini sebenarnya tidak boleh terjadi," ujarnya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu 12 November 2016.

Menurutnya, penolakan seperti itu baru pertama kalinya terjadi di Pilkada DKI Jakarta. Untuk itu, peran pihak Kepolisian dibutuhkan dalam mengamankan pasangan calon. "Ini peran aparat keamanan memang sangat penting," tambahnya.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

Meski demikian, dia berharap agar pengamanan kepada pasangan calon tidak dilakukan berlebihan. Hal itu agar tidak menciptakan jarak antara pasangan calon dengan masyarakat.

"Karena ini suasana demokrasi kalau pengamanan ketat jangan sampai menciptakan antara jarak antara calon dan masyarakat," ujarnya.

PAN Jakarta Tak Masalah Kaesang Maju Pilgub DKI: Semua Punya Hak

Untuk mengatasi permasalahan ini, dia berharap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dapat memproses dugaan pelanggaran pemilu itu, meskipun dari pihak kepolisian untuk mengusut dugaan pidana.

"Kami kemarin rapat dengan Bawaslu dan Polda, beberapa titik  harus kita antisipasi," kata dia.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Serentak 2024. Sejumlah partai.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024