Anies Janji Tak Akan Musnahkan Delman di Jakarta

Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id / Irwandi Arsyad

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menggunakan delman saat blusukan dari Pasar Manggis menuju ke Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa, 15 November 2016.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Pasangan calon nomor urut dua ini mengatakan, dia tidak mengetahui jika warga menyiapkan dalman untuk dia bersama istrinya menuju ke Kelurahan Menteng Atas. Dia menyebut hal itu punya kesan tersendiri, lantaran di sejumlah tempat wisata di beberapa wilayah yang pernah dikunjunginya juga ada delman.

"Teman-teman yang nyiapin, seru tapi jadinya. Tadi ketemu ada pelantikan temen kordinator kelurahan di Kecamatan Setiabudi, mereka bekerja membantu menangkap aspirasi. Kami berharap teman-teman sudah bergerak, kebetulan tadi di sini lagi ada pelantikan, Jadi sekalian (coba naik delman)," kata Anies di Kelurahan Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Anies juga mengatakan, delman juga menjadi salah satu ciri khas di transportasi wisata pada budaya Betawi. Sehingga hal itu mesti tetap dipertahankan sehingga bisa menjadi tradisi dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi DKI Jakarta.

Kendatipun demikian, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menekankan terkait pengelolaan dan penataannya saja yang diatur dengan baik. Terutama menyangkut keselamatan, kenyamanan dan juga kebersihan.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

"Kita ingin ciri khas kebudayaan Betawi mendapat tempat di Jakarta. Di banyak kota besar di dunia, justru mereka mencoba mencari apa yg bisa dijadikan sebagai tradisi. Kadang-kadang mereka membuat tradisi. Kalau kita malah punya warisan tradisi, salah satu ya delman tadi. Kita berharap agar bisa perluas dapat bisa menjadi keunggulan budaya Betawi. Ada komponen keselamatan, kenyamanan, kebersihan, tapi itu semua bisa ditangani bila ada kemauan untuk memberi ruang bagi ekspresi budaya," ujarnya.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini pun menyebut, ia sudah biasa naik delman, terutama jika sedang di Kuningan, Jawa Barat.

"Saya bilang sama Fery (istri) tadi lagi jalan ini rasanya lagi naik Delman di Kuningan. Kalau di Jakarta jarang," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya