Soal Reklamasi, Ini Langkah yang Akan Diambil Sandiaga Uno

Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Calon Wakil Gubernur DKI nomor urut 3 Sandiaga Uno mengatakan, jika berhasil memenangkan Pilkada DKI, pihaknya akan mendudukkan semua pihak yang berselisih dalam masalah reklamasi Teluk Jakarta.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Sebab, di satu sisi, Sandi -panggilan akrab Sandiaga- mengaku telah mengunjungi komunitas nelayan di wilayah Jakarta Utara, untuk mendengar langsung keluhan mereka soal reklamasi dan pengaruhnya pada pendapatan mereka sebagai nelayan.

"Mereka banyak mengeluhkan kalau hasil tangkapannya berkurang. Kemudian reklamasi juga dianggap mengganggu industri kerang hijau dan sebagainya," kata Sandi di wilayah Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu 20 November 2016.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Namun, Sandi menyangkal jika wilayah reklamasi yang sebagian besar pulau berikut infrastrukturnya sudah selesai berdiri, harus dihancurkan sebagai pemecahan masalah antara nelayan dan pengembang.

Dirinya menyebut, dengan penghentian reklamasi teluk Jakarta itu, bukan berarti pulau-pulau hasil reklamasi akan dihancurkan, untuk mengembalikan kondisi di pesisir Jakarta seperti semula.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

"Makanya kita harus duduk bersama dan mencari solusinya, karena pengusaha juga sudah invest untuk pembebasan lahan. Tapi jangan juga mereka (nelayan-pengembang) diributkan, pokoknya nanti kita cari solusinya," kata Sandi.

Sandi mengatakan, solusi yang akan diambil dalam masalah reklamasi Teluk Jakarta diharapkan tidak merugikan semua pihak, terutama para pengusaha yang sudah menanamkan modalnya. Hal ini dinilainya sebagai upaya, agar masalah reklamasi ini tidak sampai mengganggu iklim investasi di Jakarta.

Sandi juga mengingatkan, sedikit banyak para pengusaha itu juga ikut berperan dalam menciptakan lapangan kerja, yang bisa membantu untuk mendongkrak perekonomian Indonesia.

"Nanti kita akan berikan kepastian buat mereka (pengusaha) bahwa saat kita hentikan reklamasi, kita akan coba cari solusi agar mereka tidak dirugikan. Agar ke depannya mereka juga bisa mendapat kepastian," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya