Massa Aksi 212 Mulai Padati Masjid Istiqlal Malam Ini

Massa Aksi 212 mulai padati Masjid Istiqlal malam ini
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Massa aksi damai 2 Desember 2016, atau dikenal dengan sebutan Aksi 212 mulai berdatangan ke Jakarta untuk mengikuti acara doa dan zikir bersama yang akan digelar di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Salah satu lokasi yang dituju massa aksi untuk bermalam adalah Masjid Istiqlal.

Kukuhkan Pengurus BKM, Menag: Jaga Masjid dari Politisasi

Pantauan VIVA.co.id, pada malam ini, Kamis 1 Desember 2016 sekitar pukul 21.00 WIB, masjid kebanggaan masyarakat Jakarta tersebut sudah dipenuhi oleh massa yang datang dari daerah. Tampak ratusan orang sedang mengantre makanan di Posko Moslem Care Community dan Posko logistik AQL Peduli.

Sementara, massa lainnya tampak berada di dalam masjid untuk istirahat. Mereka beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh. Namun, salah satu massa aksi dari Nusa Tenggara Barat, Rano (41 tahun), lebih memilih membantu panitia posko dengan memungut sampah. Pasalnya, ia sudah tiba di Jakarta sejak Rabu, 30 November kemarin.

Soal Terowongan Silaturahmi, Ma'ruf Amin: Jadi Lambang Kerukunan

"Massa aksi juga tapi cuma bantu-bantuin panitia aja ini. Luar biasa ribuan ini sudah mas, saya dari NTB (Nusa Tenggara Barat)," ujar Rano sembari memungut sampah bekas nasi kotak.

Selain itu, tidak sedikit mobil yang berseliweran memasuki pelataran Masjid Istiqlal. Mobil-mobil datang untuk memberikan bantuan logistik terhadap massa aksi. Salah satu mobil bantuan tersebut bahkan ada yang datang dari Pesantren Al-I'tishom di Karawang.

Aa Gym Jadi Khatib Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Tak lama kemudian, sebuah truk warna oranye yang memuat air bersih juga tampak memasuki pelataran masjid. Truk tersebut dikerahkan untuk melayani massa aksi yang membutuhkan air minum. Di jalanan menuju pintu masjid itu juga tampak puluhan pedagang kaki lima yang berjualan.

Massa yang sedang tidak berada di dalam masjid pun menghampiri para pedagang untuk sekadar membeli makanan atau membeli aksesori yang dijajakan.

Walaupun begitu, tampak lalu lintas di sepanjang depan Masijd Istiqlal masih cukup terkendali. Tak ada tanda-tanda kemacetan yang berarti.

Massa Aksi 212 mulai padati Masjid Istiqlal malam ini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya