Bantuan Logistik Aksi 212 Disebut dari Kuwait hingga Amerika

Pos logistik aksi 212
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Massa aksi damai 2 Desember atau biasa disebut aksi 212 terus berdatangan ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Untuk melayani massa yang terus berdatangan, Posko Moslem Care Community yang merupakan penanggung jawab massa di Masjid Istiqlal membagikan makanan dan minuman kepada massa aksi.

Imam Besar Istiqlal Ucapkan Selamat kepada Prabowo jadi Presiden Terpilih

Koordinator logistik makanan, Abi Sabilah mengatakan, pihaknya sampai hari ini masih terus mendapatkan bantuan logistik berupa makanan dan minuman.

"Untuk makanan berat sekarang masih di atas 10 ribu. Itu sudah banyak dibagikan juga. Minuman tiga kali lipatnya sampai saat ini," kata Abi kepada VIVA.co.id, Jumat dini hari, 2 Desember 2016.

6 Masjid Terbesar di Dunia, Salah Satunya Kebanggaan Indonesia

Ia mengatakan, ribuan paket makanan dan minuman ini datang dari jemaah bahkan dirinya juga tidak selalu mengetahui asal usul pemberi bantuan tersebut. "Ini dari jemaah semua. Saya tidak tahu dari mana tapi alhamdulilah bantuan mengalir terus mas," ujarnya.

Dari pantauan VIVA.co.id, panitia melalui pengeras suara memberitahukan jemaah yang baru tiba di Masjid Istiqlal bahwa disediakan makanan dan minumam di lokasi tersebut.

Masjid Istiqlal di Gaza Hancur Digempur Israel, Netizen: Open War ke Indonesia

Jemaah pun berbaris mengantre sesuai arahan dari para panitia logistik tersebut. Satu per satu menerima nasi kotak dan minuman.

Ia pun menginformasikan kebutuhan logistik makanan akan dibagikan pada pagi siang dan malam hari. Untuk malam ini, logistik makanan dipusatkan di Masjid Istiqlal. "Nanti pagi ada juga di Patung Kuda. Jadi ada dua di sini (Masjid Istiqlal) dan Patung Kuda," ucapnya.

Ia menambahkan, awalnya panitia logistik hanya berjumlah 30 orang. Namun banyak jamaah yang turut serta dan membantu membagikan makanan dan minuman kepada para jamaah.
 
Tak hanya menerima bantuan logistik makanan dan minuman, panitia juga menerima bantuan dalam bentuk uang tunai. "Tak hanya donasi makanan tapi tunai juga ada. Ada anak muda memberi Rp10 ribu kami terima. Berapa pun kami terima. Dari orang Indonesia di luar negeri seperti Kanada, Amerika dan Kuwait juga ikut bantu dengan ditransfer uangnya," katanya.

Saat VIVA.co.id di lokasi, tampak seorang pria bernama Mastur Hani Ahmad ingin menyumbangkan dalam bentuk uang. Ia pun memberikan uang sejumlah uang untuk mambantu aksi 212. "Ini nyumbang enggak seberapa mas. Saya juga tadi bawa makanan buat jemaah makan malam ini," ujar pria asal Depok tersebut.

Tak hanya makanan dan minuman, tampak di depan pintu masuk Masjid Istiqlal ada sebuah mobil yang khusus melayani pelayanan kesehatan untuk para jamaah. Di sana banyak jamaah dari berbagai daerah memeriksa kesehatan, dan sekedar meminta obat dan Vitamin.

"Di sini bisa cek kesehatan, minta vitamin, ada yang batuk, pegal, demam, dan flu," ujar salah satu dokter bernama Rita.

Ia menuturkan, banyak jemaah dari daerah yang memeriksa kesehatan dan meminta vitamin karena lelah akibat perjalanan yang cukup panjang ke Jakarta. Untuk melayani masyarakat, pihaknya menyiapkan ribuan obat-obatan dan empat dokter yang siap memeriksa kesehatan jamaah.

"Malam ini di Istiqlal. Besok ada dua lokasi lagi kita sebar selain di Monas yaitu di Stasiun Gambir dan dekat PLN Gambir," katanya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya