Perlintasan Kereta Api di Senen akan Ditutup

Perlintasan kereta api di Senen
Sumber :
  • Foe Peace Simbolon /VIVA.co.id

VIVA.co.id – Perlintasan sebidang kereta api Senen yang berada di Jalan Letjend Suprapto yang mengarah dari area Cempaka Putih menuju Jalan Kwitang Raya, dipastikan akan ditutup sepenuhnya pada Februari 2017 mendatang usai Pemilihan Kepala Daerah  DKI Jakarta.

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

Sebelumnya diketahui, perlintasan sebidang KA Senen dari arah Kwitang Raya menuju Cempaka Putih telah lebih dulu ditutup. Meski sempat terjadi penolakan dari warga yang tinggal di sekitar perlintasan tersebut, tapi, dipastikan bahwa kendaraan roda dua maupun roda empat pada akhirnya tidak lagi dapat melintas di sana.

"Pelintasan sebidang itu kan sudah dibuka sekitar 12 Tahun yang lalu. Kami juga sudah sosialisasi dan ada jalan alternatifnya. Demi keselamatan rencana uji coba tetap akan dilanjutkan," tutur Direktur Jenderal Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Edy Nursalam saat dikonfirmasi, Kamis, 8 Desember 2016.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

Penutupan perlintasan sebidang itu dilakukan sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sebab, enam jalur kereta api di Stasiun Senen sangat berbahaya jika pelintasan sebidang terus dibuka untuk umum.

Meski begitu, pihaknya mengaku akan tetap menampung aspirasi para warga sekitar. Hingga saat ini, pihaknya juga mengaku sedang menyiapkan sejumlah jalur alternatif yang dirancang oleh Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta.

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

Di sisi lain, salah seorang pedagang perkakas di Pasar Poncol yang lokasinya tak jauh dari perlintasan mengaku omzetnya berkurang sejak perlintasan sebidang KA Senen dari arah Kwitang Raya menuju Cempaka Putih ditutup. Ia yakin apabila perlintasan sebidang KA Senen ditutup total, maka dirinya dan para pedagang yang lain akan mengalami kerugian makin parah.

"Pembeli jadi enggak ada yang lewat sini lagi kan mas. Mereka jadi males ke sini karena harus muter jauh lewat Jalan Benda," kata pria yang akrab disapa Parto.

Dari pantauan di lokasi, pembatas setinggi lebih dari dua meter yang sudah menutup perlintasan sebidang KA Senen dari arah Kwitang Raya menuju Cempaka Putih terlihat dipercantik dengan cat bewarna putih, oranye dan biru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya