Ahok Pernah Tolak Proyek yang Diminta Tim Suksesnya

Calon Gubernur DKI petahana Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama pendukungnya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, pernah menolak usulan proyek pemerintah yang diajukan tim suksesnya sendiri. Hal itu disampaikan Gus Sholeh MZ, mantan pendukung Ahok di Pemilihan Kepala Daerah Belitung Timur 2005.

Golkar dan Gerindra Sepakat Rekomendasikan Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI

Sholeh, pemuka agama Islam yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur, membantu memenangkan Ahok menjadi Bupati. Karena merasa berjasa, ia lalu mengajak tiga pengusaha dari Jakarta untuk meminta mengerjakan proyek Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.

"Yang buat saya salut sekaligus kesal, saya tim sukses, saya memenangkan Ahok. Saya minta proyek, ditolak sama Ahok," ujar Sholeh di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 9 Desember 2016.

Tahapan Pilkada Jakarta 2024: Pendaftaran Paslon Dibuka 27 Agustus

Menurut Sholeh, sebagai kepala daerah, Ahok berkomitmen tidak mendukung tindak Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), termasuk memprioritaskan mantan tim suksesnya untuk mendapat proyek pemerintah.

Meski demikian, Ahok tetap memberi peluang Sholeh mendapat proyek. Namun, caranya, dengan menawarkan jasa perusahaannya lewat Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Sholeh tetap harus bersaing dengan pengusaha lain supaya dipilih pemerintah mengerjakan proyek. Dengan demikian, tidak ada nepotisme terjadi.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

"Jadi kalau kalian (pendukung) mendukung Ahok, jangan berharap proyek, karena saya sudah melakukannya," ujar Sholeh, tertawa. (ase)

Djarot Saiful Hidayat

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan partainya sedang menjaring bakal calon untuk diusung maju di Pilkada Jakarta 2024. Dia menyebut PDIP.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024