Anies Sindir Laporan Dana Kampanye Agus, Tak Masuk Akal

Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan mengatakan, laporan sumbangan dana kampanye yang diserahkan oleh tim suksesnya ke KPU DKI Jakarta, adalah laporan yang dibuat dengan kejujuran alias tanpa dibuat-buat.

Tak Tertib Laporkan Dana Kampanye, Peserta Pemilu Kena Sanksi Ini

Hal itu disampaikan Anies menanggapi pernyataan Bendahara Tim Pemenangan pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayah, Charles Honoris. Disampaikan Charles, sumbangan Rp34 miliar dari kocek pribadi Sandiaga Uno merupakan bukti Anies-Sandi tidak gunakan asas gotong-royong dalam proses pengumpulan dana kampanye.

"Loh dia (Sandiaga Uno) kan jujur, bisa saja dia pakai nama karyawannya semua biar keren, yang menyumbang banyak. Tapi kan tidak begitu," kata Anies Baswedan di Kota Bambu Utara VI, Jakarta Barat, Rabu, 21 Desember 2016.

TKN Jokowi-Ma'ruf Laporkan Dana Kampanye Tembus Rp606 Miliar

Menurut Anies, sumbangan yang diberikan oleh Sandiaga Uno untuk keperluan kampanye pada Pilkada DKI adalah hal yang wajar. Terlebih lagi, Sandi merupakan seorang pengusaha sukses yang memiliki banyak karyawan. "Tapi yang pasti dia kan jujur, itu yang terpenting. Dia punya banyak karyawan, bisa enggak Sandi pakai nama dengan macam-macam? Bisa, bisa sekali, tapi kan tidak dilakukan," ujarnya menambahkan.

Anies pun menyinggung balik laporan dana yang diserahkan oleh tim pemenangan pasangan Ahok - Djarot yang hingga kini masih belum melampirkan data penyumbang dana kampanye seluruhnya. "Kenapa kita tidak memberikan aspirasi untuk sebuah kejujuran. Kenapa mencoba mencari-cari, mencitrakan jelek untuk sebuah kejujuran," ujarnya menyindir.

Lapor Dana Kampanye Manual, Sandi Kecewa dengan Sistem IT KPU

Tak hanya itu, Anies juga sempat menyinggung laporan sumbangan dana kampanye yang disampaikan oleh Tim Sukses pasangan calon nomor urut 1, Agus Yudhoyono dan Silviana Murni. Menurutnya, laporan dana sumbangan yang disampaikan tim sukses Agus - Silvy dengan angka Rp9 miliar, adalah angka yang tidak masuk akal. "Ya gunakan akal sehat aja. Teman-teman silakan gunakan akal sehat, mungkin enggak segitu? Kalau kami apa adanya."

(mus) 

Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan

TKN Anggap Tak Ada Kewajiban Ekspose Dana Kampanye ke Publik

Jokowi-Maruf Amin patuh soal laporan dana kampanye.

img_title
VIVA.co.id
15 Juni 2019